Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Imbas Kenaikan Harga BBM, Harga Sembako dan Angkutan Umum juga Akan Naik

Kompas.tv - 4 September 2022, 19:45 WIB
imbas-kenaikan-harga-bbm-harga-sembako-dan-angkutan-umum-juga-akan-naik
Ilustrasi pedagang sembako. Sri, pedagang cabai Pasar Slipi, Palmerah, Jakarta Barat. (Sumber: Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menyusul kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Asosiasi Pedagang Pasar Indonesia (APPS) menyebut, harga sembilan bahan pokok (sembako) juga akan melonjak. Senada, Organisasi Angkutan Darat (Organda) juga memastikan tarif angkutan umum juga segera naik.

Ketua Umum APPSI Sudaryono mengungkapkan, harga sembako berpotensi naik lantaran biaya logistik semakin mahal, imbas dari kenaikan harga BBM subsidi.

"Khususnya bahan-bahan pokok ini kan masalahnya adalah tentu ada faktor angkutan logistik dari tempat produksi ke pasar. Jadi pedagang pasar kan selalu mendapatkan barang yang dipasok. Nah dipasok itu sudah termasuk dengan harga angkutan," kata Sudaryono dilansir dari Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Ia juga menilai, kenaikan harga sembako wajar terjadi, sebab naiknya harga BBM subsidi akan memengaruhi biaya hidup para pedagang pasar yang kebanyakan adalah orang kecil atau kelompok masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah.

"Banyak pedagang pasar itu orang kecil. Jadi selain urusan dagangan tentu kenaikan harga BBM bersubsidi menaikkan biaya hidup mereka selain karena faktor kenaikan bahan pangan namun juga kenaikan biaya transportasi mereka," kata Sudaryono. 

Baca Juga: Siap-Siap! Tarif Angkutan Umum Bakal Naik Susul Harga BBM Subsidi, Sudah Dipastikan Organda

Meski demikian, APPSI mengimbau para pedagang pasar agar tidak menaikkan harga sembako terlalu tinggi. Sebab, berdasarkan hitungan APPSI, dampak kenaikan harga BBM ke harga sembako tidak terlalu mencolok. 

"Seberapa besar? Kami berharap tidak terlalu signifikan. Mengingat biaya logistik dibanding harga barang tidak terlalu besar. Mungkin dua, tiga, atau empat persen lah paling tinggi," kata dia.

Ia juga mengaku sudah mengingatkan para pedagang pasar agar tidak latah menaikkan harga jual sembako.

"Kami dari Asosiasi Pedagang Pasar ini sudah mengimbau untuk tidak ikut-ikutan latah menaikkan harga jual itu (terlalu tinggi)," ungkapnya.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.