Kompas TV internasional kompas dunia

China Kirim Kontingen dan Senjata Canggih ke Latihan Gabungan Vostok-2022 dengan Rusia

Kompas.tv - 3 September 2022, 23:25 WIB
china-kirim-kontingen-dan-senjata-canggih-ke-latihan-gabungan-vostok-2022-dengan-rusia
Kapal perusak canggih China menembakkan rudal anti kapal. Militer China mengirimkan sejumlah peralatan tempur utamanya yang canggih ke Rusia untuk melakukan latihan militer gabungan Vostok-2022. (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan
Kapal perusak canggih China menembakkan rudal anti kapal. Militer China mengirimkan sejumlah peralatan tempur utamanya yang canggih ke Rusia untuk melakukan latihan militer gabungan Vostok-2022. (Sumber: Antara)

BEIJING, KOMPAS.TV - Militer China mengirimkan sejumlah peralatan tempur utamanya yang canggih ke Rusia untuk melakukan latihan militer gabungan Vostok-2022.

Seperti laporan Antara, Sabtu, (3/9/2022), pasukan yang dikerahkan ke Rusia itu utamanya personel Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) Komando Armada Utara.

Pasukan itu berkekuatan 2.000 personel, lebih dari 300 unit kendaraan tempur dalam berbagai tipe, 21 unit pesawat dan helikopter, serta tiga unit kapal perang, demikian laporan media penyiaran resmi China hari Sabtu.

Pasukan PLA yang diberangkatkan ke Rusia itu terdiri dari tiga matra, yakni darat, laut, dan udara.

Beberapa alat tempur canggih milik PLA yang dikirimkan ke Rusia itu ada tank tempur tipe 99, kendaraan serang infanteri tipe 04, kendaraan pengintai tipe Z-19, helikopter serang Angkatan Darat, kapal perang perusak rudal tipe 055 Nanchang, dan jet tempur J-10C.

Baca Juga: Ternyata Latihan Militer China di Dekat Taiwan Bukan Persiapan Perang, tapi Operasi Pencegahan

Kapal Perusak Type 55 China, Kelas Dalian bernomer lambung 105. China mengirimkan sejumlah peralatan tempur utamanya yang canggih ke Rusia untuk melakukan latihan militer gabungan Vostok-2022.  (Sumber: CCTV China/Xinwen Lianbo)

Kapal perang Nanchang berbobot 10.000 ton itu disebut-sebut sebagai yang tercanggih di dunia.

Ada empat materi latihan militer Rusia-China, yaitu pengerahan pasukan, perencanaan, implementasi, dan penarikan pasukan.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan selain China, ada beberapa negara lain yang terlibat, yakni Aljazair, India, Belarusia, Tajikistan, dan Mongolia.

Latihan gabungan Vostok-2022 itu melibatkan 50.000 personel militer, lebih dari 5.000 unit senjata dan peralatan militer yang termasuk 140 unit pesawat, dan 60 unit kapal perang.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa latihan gabungan tersebut tidak menyasar negara ketiga mana pun. 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.