Kompas TV video vod

Komnas Perempuan: Ada Relasi Kuasa Sambo di Balik Pengakuan Palsu Putri Candrawathi

Kompas.tv - 3 September 2022, 17:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS TV – Komisi Perempuan soroti pengakuan pelecehan seksual yang disuarakan Putri Candrawathi dalam rangkaian kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua.

Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi mengatakan bahwa ada relasi kuasa Ferdy Sambo sebagai suami di balik pengakuan Putri.

“Perempuan korban kekerasan seksual di dalam menyampaikan pengalaman dan melaporkan kasus, sangat  tergantung keputusannya pada laki-laki atau sesesorang yang dominan dalam hidupnya,” tuur Siti.

Baca Juga: Terkuak! Komnas Perempuan Sebut Putri Candrawathi Depresi, Ungkap Ciri-cirinya Saat Bertemu

“Dalam hal ini, ibu P tidak bisa menceritakan di awal-awal kasus sebenanya di Magelang. Karena suaminya, Sambo meminta ia hanya menceritakan sebagian kecil dari apa yang sebenarnya terjadi dan meminta menyebutkanya di tanggal 8 Juli di Duren Tiga,”

“Hal ini harus kita lihat sebagai relasi kuasa, yang membuat korban tidak bisa atau tidak mampu menyuarakan atau menyampaikan pengalaman kekerasan yang ia alami,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Siti Aminah Tardi juga mengatakan bahwa Putri Candrawathi mengaku depresi dan malu atas dugaan kekerasan seksual yang ia alami.

Video Editor: Bara Bima



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.