Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Ungkap AS Tak Kunjung Terbitkan Visa bagi Delegasi Moskow ke Majelis Umum PBB

Kompas.tv - 3 September 2022, 17:16 WIB
rusia-ungkap-as-tak-kunjung-terbitkan-visa-bagi-delegasi-moskow-ke-majelis-umum-pbb
Utusan Tetap Federasi Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya berbicara di Dewan Keamanan PBB, 11 Maret 2022. Per 1 September 2022, Nebenzya mengungkap bahwa Amerika Serikat tidak kunjung menerbitkan visa untuk delegasi negaranya yang hendak menghadiri Majelis Umum PBB. (Sumber: UNTV via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Utusan Tetap Federasi Rusia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Vasily Nebenzya mengungkap bahwa Amerika Serikat (AS) tidak kunjung menerbitkan visa untuk delegasi negaranya yang hendak menghadiri Majelis Umum PBB.

Nebenzya mengadukan hal tersebut melalui surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Dalam surat bertanggal 1 September 2022 itu, Nebenzya menyebut tidak ada dari 56 anggota delegasi Rusia yang mendapatkan visa.

“Per 1 September 2022, tidak ada dari 56 representatif Rusia dari kelompok terdepan dan utama Rusia yang mendapat visa masuk ke Amerika Serikat,” demikian tulis Nebenzya dalam surat yang didapatkan TASS, Sabtu (3/9/2022).

“Situasi serupa terjadi dengan jurnalis dan anggota kru yang membersamai penerbangan menteri kami,” lanjutnya.

Baca Juga: Ini yang akan Terjadi jika Putin Lengser, Rusia Kolaps dan Jadi seperti Korea Utara dengan Steroid

Delegasi Rusia tersebut sedianya akan menghadiri pekan tingkat tinggi Majelis Umum PBB yang akan dimulai pada 24 September mendatang. Agenda ini biasanya dihadiri oleh kepala negara dan menteri-menteri.


Nebenzya menegaskan, sebagai negara tempat markas PBB berada, AS wajib memastikan kelancaran partisipasi delegasi ke agenda global tersebut.

Nebenzya meminta Guterres mendesak Washington agar menerbitkan visa bagi delegasi Rusia.

Menurutnya, AS telah menolak penerbitan visa bagi delegasi Rusia yang dikirim menghadiri agenda PBB beberapa bulan belakangan.

“Dalam hal ini, kami ingin meminta Anda sekali lagi menegaskan kepada otoritas Amerika Serikat bahwa mereka harus menerbitkan visa yang diminta secara tepat waktu bagi seluruh delegasi Rusia dan pihak yang membersamai, termasuk jurnalis-jurnalis Rusia yang akan berada di New York untuk meliput kunjungan Menteri Luar Negeri kami,” kata Nebenzya.

Baca Juga: Pengakuan Diplomat Rusia, Barat Telah Gemborkan Anti-Rusia Sebelum Serangan ke Ukraina

 



Sumber : TASS


BERITA LAINNYA



Close Ads x