Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Cetak Sejarah! Rangkaian Kereta Cepat Perdana Tiba di Indonesia, Pakai Kapal dari Pelabuhan di China

Kompas.tv - 3 September 2022, 08:03 WIB
cetak-sejarah-rangkaian-kereta-cepat-perdana-tiba-di-indonesia-pakai-kapal-dari-pelabuhan-di-china
Pengiriman pertama rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung dan kereta inspeksi tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/09) sore. (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Pengiriman pertama rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung dan kereta inspeksi tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/9/2022) sore.

Kereta tersebut terdiri dari dua rangkaian, yakni satu rangkaian kereta cepat dan satu rangkaian kereta inspeksi.

Rangkaian kereta cepat tersebut tiba setelah menempuh perjalanan dari Pelabuhan Qingdao, China, sejak 21 Agustus lalu. Rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung diturunkan menggunakan crane dari kapal pengangkut.

Chairman China Railway, Qian Min, mengklaim rangkaian kereta yang dikirim dari negaranya ke Indonesia adalah kereta cepat pertama di Asia Tenggara.

"Kereta Cepat Jakarta Bandung adalah kereta cepat yang pertama kami ekspor ke dunia, selain juga kereta cepat pertama di Asia Tenggara," ujar Qian Min, dilansir dari pemberitaan Kompas TV sebelumnya. 

Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, rangkaian kereta ini akan dikirim ke lokasi Depo Kereta Cepat di Cileunyi, Jawa Barat melalui jalur darat.

Sementara itu, pembangunan konstruksi kereta cepat hingga saat ini sudah mencapai 86 persen. Pemerintah mengharapkan mega proyek kereta cepat ini bisa memperkuat konektivitas Jakarta dan Bandung.

Baca Juga: Biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Bengkak, Komisi VI DPR RI Pertanyakan Kredibilitas China

Jika sesuai jadwal, kereta cepat Jakarta-Bandung mulai beroperasi penuh pada pertengahan tahun 2023. Mengingat, kedatangan rangkaian kereta cepat tersebut masih dijadwalkan selesai pada 2023.

Berikut jadwal kedatangan rangkaian Kereta Cepat;

2 September 2022

  • 1 rangkaian kereta cepat
  • 1 rangkaian kereta inspeksi


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.