Kompas TV olahraga kompas sport

Premier League Pecahkan Rekor Pengeluaran di Jendela Transfer Musim Panas, Capai Rp34 Triliun!

Sabtu, 3 September 2022 | 06:10 WIB
premier-league-pecahkan-rekor-pengeluaran-di-jendela-transfer-musim-panas-capai-rp34-triliun
Pengeluaran tim Premier League pecahkan rekor, Antony jadi pemain dengan nilai transfer termahal. (Sumber: Twitter @ManUtd)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Klub-klub Premier League telah memecahkan rekor pengeluaran transfer di jendela transfer mencapai 1,9 miliar pounds atau Rp34 triliun. 

Menurut Deloitte yang dilansir dari The Guardian, Jumat (2/9/2022), jumlah pengeluaran tersebut lebih tinggi 487,8 juta pounds dari rekor sebelumnya pada musim panas 2017/2018 (1,4 miliar pounds). 

Angka tersebut juga lebih tinggi 67 persen dari rekor pengeluaran di musim sebelumnya yang 'hanya' 1,1 miliar pounds. 

“Musim 2022-23 sudah memiliki pengeluaran transfer tertinggi sejak musim dua jendela dimulai, melebihi rekor sebelumnya sebesar 34 persen," kata Deloitte. 

Baca Juga: Daftar 10 Transfer Termahal di Liga Inggris Musim Ini, Antony di Posisi Teratas

Chelsea menjadi tim terboros di musim panas ini dengan total menggelontorkan dana mencapai 255,3 juta pounds yang kemudian disusul oleh Manchester United yang merogoh kocek mereka sebesar 202 juta pounds. 

Hal tersebut memanglah tidak mengejutkan mengingat kedua tim mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan satu pemain. 

The Blues membayar 70 juta pounds untuk mengontrak Wesley Fofana sementara Setan Merah harus mengeluarkan cek senilai 85 juta pounds untuk Antony. 

Fakta pengeluaran besar yang dilakukan klub-klub Inggris itu menandakan bahwa keuangan tim Premier League sudah membaik setelah diserang pandemi Covid-19. 

“Mereka mendapatkan kembalinya penggemar dengan kekuatan penuh dan kesepakatan siaran baru mulai berlaku, Anda benar-benar memiliki klub dengan kepercayaan diri dan kepastian tinggi yang datang ke jendela transfer ini," kata Zal Udwadia, asisten direktur di grup bisnis olahraga Deloitte. 

"Anda memiliki siklus siaran baru yang dimulai, di mana porsi hak internasional telah melampaui hak domestik untuk pertama kalinya, dan itu sekali lagi menyoroti daya tarik global Liga Premier," paparnya.

Baca Juga: 5 Transfer Paling Mengejutkan di Liga Italia Musim Panas Ini, Ada Fabregas hingga Umtiti

Secara demografi, peta pengeluaran klub-klub Inggris juga berubah dengan Nottingham Forest muncul dalam lima teratas tim dengan pengeluaran terbesar. 

Klub promosi tersebut pada musim panas ini tercatat mengeluarkan dana senilai 126 juta pounds.



Sumber : The Guardian

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x