Kompas TV olahraga kompas sport

Sempat Dilarang di Olimpiade, Topi Renang untuk Rambut Afro Akhirnya Disetujui

Kompas.tv - 3 September 2022, 00:05 WIB
sempat-dilarang-di-olimpiade-topi-renang-untuk-rambut-afro-akhirnya-disetujui
Setelah sempat dilarang di Olimpiade, penggunaan topi renang untuk rambut afro akhirnya disetujui oleh FINA. (Sumber: Instagram @soulcapofficial)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setelah sempat dilarang penggunaannya di Olimpiade, topi renang untuk rambut afro akhirnya diizinkan untuk digunakan.

Dilansir dari BBC, Jumat (2/9/2022), penutup kepala khusus yang dirancang untuk rambut tebal, keriting dan gaya seperti gimbal dan kepang itu telah disetujui untuk digunakan di kompetisi tingkat atas.

Produsen topi renang tersebut, Soul Cap, menilai keputusan dari Federasi Renang Intenasional (FINA) itu sebagai "langkah besar ke arah yang benar".

"Kami senang melihat masa depan olahraga yang menjadi lebih inklusif," kata perusahaan tersebut.

Direktur eksekutif FINA Brent Nowicki mengatakan pengumuman itu "hasil dari periode peninjauan dan diskusi tentang desain topi antara Fina dan Soul Cap selama setahun terakhir", dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh Metro.

"Mempromosikan keragaman dan inklusivitas adalah inti dari pekerjaan FINA dan sangat penting bahwa semua atlet air memiliki akses ke pakaian renang yang sesuai."

Rambut afro secara alami lebih kering daripada rambut lainnya karena memiliki lapisan sel yang lebih sedikit. 

Natrium hipoklorit - atau pemutih - yang ada di kolam renang dapat membuat rambut lebih kering sehingga bisa menyebabkan kerusakan.

Tahun lalu, Soul Cap mengungkapkan, Fina telah memberi tahu mereka bahwa topi renang yang mereka buat tidak cocok karena tidak mengikuti "bentuk alami kepala".

Banyak perenang mengkritik komentar tersebut, dengan beberapa mengatakan itu akan membuat orang kulit hitam enggan berpartisipasi dalam olahraga tersebut.

Baca Juga: Bocah di AS Meninggal Akibat Infeksi Amuba Pemakan Otak usai Berenang di Sungai



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x