Kompas TV advertorial

Bingung Pilih Smart TV? Simak Tips Berikut ini

Kompas.tv - 2 September 2022, 11:35 WIB
bingung-pilih-smart-tv-simak-tips-berikut-ini
Banyaknya pilihan televisi pintar atau smart TV yang dijual mungkin membuat Anda bingung memilihnya. (Sumber: Dok. Panasonic)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Seiring perkembangan teknologi, televisi pun turut berevolusi menjadi perangkat elektronik pintar yang dapat mengisi rumah Anda.

Banyaknya pilihan televisi pintar atau smart TV yang dijual mungkin membuat Anda bingung memilihnya. Simak tips berikut ini untuk menemukan smart TV terbaik sesuai kebutuhan.

1. Periksa Ukuran Layar dan Audio Smart TV

Sebelum membeli smart TV, pastikan Anda sudah terlebih dahulu mengetahui posisi TV akan diletakkan. Selain posisi, Anda sebaiknya sudah mengukur ruangan, jarak pandang, dan perkiraan jumlah penonton.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menyesuaikan ukuran layar smart TV yang akan dibeli dan memaksimalkan kenyamanan saat menonton.

Baca Juga: Penjualan Televisi Digital Meningkat

Jika smart TV akan diletakkan di ruangan dengan jarak pandang kurang dari 150 cm, smart TV berukuran 32 inci akan lebih pas. Sementara itu, cobalah memilih TV ukuran 43 inci untuk ruangan berjarak antara 150–180 cm. Televisi berukuran menengah ini cocok diletakkan di kamar.

Di sisi lain, perangkat berukuran 46–50 inci akan ideal untuk ruangan berjarak 6–7 kaki. Ruangan dengan jarak pandang lebih dari 8 kaki dapat memilih TV berukuran 55–55 inci atau lebih besar. Anda dapat meletakkan televisi berukuran besar di ruang tamu atau ruang keluarga.

Sementara itu, Anda sebaiknya tidak melewatkan pengecekan audio saat membeli smart TV. Dalam memeriksa watt audio, makin tinggi angka Watt-nya, volume yang dihasilkan makin keras.

Jika Anda menginginkan pengalaman menonton lebih baik, pilih produk yang menawarkan fitur tambahan seperti Dolby Audio, Surround Sound, dan lainnya.

2. Perhatikan Jenis dan Resolusi Layar Smart TV

Secara garis besar, layar smart TV terbagi menjadi tiga jenis, yaitu yakni LED, OLED, dan QLED. LED TV menggunakan lampu LED yang membuat gambar lebih tajam, cahaya lebih merata, serta mampu menghemat konsumsi listrik hingga 40–70 persen.

OLED TV (Organic Light Emitting Diode TV) mampu menghasilkan warna hitam lebih sempurna serta akurasi warna lebih presisi karena tanpa backlight. QLED TV menggunakan teknologi Quantum dot mampu mencapai kecerahan dan warna tertinggi serta biasanya lebih tipis dan sensitif.

Baca Juga: Stasiun Televisi Lokal Antusias Sambut Era Digital



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.