Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi Tinjau Tambang Grasberg Milik Freeport Indonesia yang Sudah Tidak Berproduksi

Kompas.tv - 1 September 2022, 22:08 WIB
presiden-jokowi-tinjau-tambang-grasberg-milik-freeport-indonesia-yang-sudah-tidak-berproduksi
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan meninjau tamban Grasberg milik PT Freeport Indonesia, Kamis (1/9/2022). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi tambang Grasberg PT Freeport Indonesia (PTFI).

Menggunakan kendaraan roda empat Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama rombongan tiba di Grasberg sekitar pukul 08.15 WIT, Kamis (1/9/2022).

Di lokasi tambang Grasberg, Presiden Jokowi dan Ibu Negara didampingi Presiden Direktur PTFI Tony Wenas untuk mendapatkan penjelasan tentang sejarah pertambangan PTFI.

Baca Juga: Momen Ibu-ibu Menangis Minta Tolong ke Jokowi, Ternyata Gara-gara Ini

Di lokasi tambang Grasberg juga terdapat Museum Bunaken yang memampang artikel dan foto-foto sejarah pertambangan Freeport di Papua. 

Presiden Jokowi menanyakan apakah di Grasberg masih dilakukan aktivitas penambangan. 

Tony menjelaskan Grasberg adalah tambang kedua, sedangkan tambang pertama adalah Ertsberg. Saat in kedua tambang tersebut sudah tidak ada lagi penambangan.

"Sudah tidak ada penambangan 100 persen di Etsberg dan Grasberg. Sekarang sedang reklamasi dan kita me-maintain kestabilan lerengnya," ucap Tony.

Baca Juga: Jokowi Buktikan Indonesia Bergerak Lebih Maju dengan Luncurkan 5G Mining Pertama di Asia Tenggara

Sambil melihat kawasan tambang terbuka PTFI dari Grasberg, Presiden juga berbincang dengan Presiden Komisaris PTFI Richard Adkerson.

Setelah berada di Grasberg selama dua jam, Presiden dan Ibu Negara Iriana bersama rombongan melanjutkan perjalanan menuju pertambangan bawah tanah di OB 04 untuk meninjau ruang kontrol pengendali alat berat berteknologi 5G.

Selepasnya, Presiden akan menuju DMLZ underground untuk meninjau tempat ibadah yang berada di bawah tanah yaitu Masjid Jami Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria.

Baca Juga: 20 Lowongan Kerja PT Freeport Indonesia untuk Fresh Graduate, Simak Kualifikasinya

Presiden juga diagendakan menuju Tera Shop untuk meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining sendiri merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PTFI.

Diketahui tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia berada di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika yang berada di ketinggian 3.325-4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl).


Pada sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melalui Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika.

Dalam kegiatan ini Presiden Jokowi dan Ibu Negera Iriana didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Baca Juga: PT Freeport Dapat Investasi dari Linde Indonesia dengan Nilai Lebih dari 100 Juta Dolar AS

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.