Kompas TV video vod

Ganjar Bawa Jawa Tengah Menjadi Percontohan Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan Tingkat Nasional

Kompas.tv - 1 September 2022, 17:33 WIB
Penulis : Edwin Zhan

KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sukses membawa Provinsi Jawa Tengah menjadi percontohan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) tingkat nasional.

Ganjar mengatakan, Jawa Tengah memilik banyak potensi energi terbarukan yang belum dioptimalkan.

Secara khusus, Ganjar diundang oleh Institute for Essentiol Service Reform untuk berbagi keberhasilan pengembangan energi baru dan terbarukan dalam rangkaian acara G20 Side Event dan Energy Transition Working Group Meeting di Bali.

Dalam acara ‘sharing’ ini membahas bahwa energi baru dan terbarukan di Indonesia tidak akan bisa dilakukan tanpa adanya komitmen kuat dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Salah satu daerah yang dianggap memiliki komitmen kuat untuk pengembangan energi baru dan terbarukan adalah Jawa Tengah.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan, Jateng memilik banyak potensi EBT, seperti panas matahari, gas rawa, geothermal, angin dan air; yang mana tersebar di banyak daerah wilayah Jawa Tengah.

Dari data Dinas ESDM Jawa Tengah, lebih dari dari 2.000 desa di Jateng telah mandiri energi dengan memanfaatkan energi baru dan terbarukan di daerahnya masing-masing.

Hal itu akan terus digenjot agar lebih maksimal.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.