Kompas TV tekno aplikasi

Apa itu CA, PA, RP, FA? Empat Jenis Akun di Twitter, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 1 September 2022, 12:50 WIB
apa-itu-ca-pa-rp-fa-empat-jenis-akun-di-twitter-ini-penjelasannya
Ilustrasi Twitter. Banyak istilah baru di Twitter yang belum banyak diketahui pengguna internet, di antaranya PA, CA, FA dan RP. (Sumber: Twitter)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

YOGYAKARTA, KOMPAS TV - Bahasa di jagat maya kian berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Muncul istilah-istilah baru yang kadang tak familiar bagi beberapa pengguna internet.

Beberapa di antaranya adalah CA, PA, FA dan RP yang istilahnya kerap digunakan di base Twitter. Keempat istilah tersebut merupakan pembabakan akun berdasar pada jenisnya.


Apa itu CA, PA, FA dan RP? Berikut penjelasan atas istilah-istilah tersebut.

CA

CA merupakan singkatan dari cyber account. Jenis akun ini digunakan untuk menyembunyikan identitas dirinya dengan ragam postingan gado-gado. Bisa saja si pengguna akun CA mengoceh tentang politik sembari berjualan pakaian.

PA

PA adalah singkatan dari personal account atau akun pribadi. Jenis akun ini digunakan untuk memunculkan identitas asil si pengguna di ruang maya. Akun PA memasang fotonya dan nama sendiri tanpa identitas yang disembunyikan.

RP

RP yakni singkatan dari role player atau bermain peran. Banyak pengguna Twitter menggunakan jenis akun ini untuk memainkan karakter yang disukai.

Sebagai contoh, banyak fans K-pop memakai foto profil dan nama idolanya sebagai identitas, lalu memerankan karakter idolanya. Bahkan, sudah menjadi hal umum akun RP digunakan untuk berpacaran tanpa tahu identitas asli masing-masing kubu.

FA

Ini merupakan singkatan dari fans account. Dari namanya sudah jelas, akun jenis ini hanya digunakan untuk kepentingan ngefans terhadap idola.

Berbeda dengan akun RP yang sampai bermain peran, jenis akun FA tak sampai ke sana. Ada anggapan bahwa akun FA bisa digunakan untuk memposting tentang idolanya sesuka hati, tanpa khawatir dianggap berlebihan oleh kolega.

Baca Juga: Cara Bikin Twitter Circle, Fitur Baru Mirip Close Friend Instagram

Demikian istilah baru di Twitter terkait jenis-jenis akun. Di antara keempatnya, hanya PA yang sudah pasti menunjukkan identitas asli si pemilik akun.

Baca Juga: Pendapatan Twitter Naik Jadi 1,2 Miliar Dolar AS, Pengguna Harian Tembus 229 Juta

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x