Kompas TV nasional hukum

Psikolog Forensik Sebut PC Tak Punya Mindset sebagai Korban Pelecehan Seksual, Ini Alasannya

Kompas.tv - 1 September 2022, 10:45 WIB
psikolog-forensik-sebut-pc-tak-punya-mindset-sebagai-korban-pelecehan-seksual-ini-alasannya
Psikolog Forensik Reza Indragiri menjelaskan tentang proses berpikir pelaku tindak pidana penembakan, dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Klaim Putri Candrawathi (PC), tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, yang bersikeras menyebut adanya pelecehan seksual, diberikan tafsir lain oleh psikolog forensik Reza Indragiri Amriel.

Reza membandingkan beberapa momen yang membuatnya yakin istri Ferdy Sambo itu seolah tak memiliki mindset sebagai korban. Adapun Brigadir J dinilai tak memenuhi profil sebagai pelaku, menilik relasi kuasa antar-pihak.

"Persoalannya adalah, dengan segala hormat, tindak-tanduk PC acapkali terkesan menganulir klaim yang bersangkutan sebagai korban," kata Reza dalam dialog Sapa Indonesia Pagi di KOMPAS TV, Kamis (1/9/2022).

Ia lantas membandingkan dua momen untuk memperkuat pendapat itu.

"Misal, mari kita bandingkan tindak-tanduk kemunculan beliau ketika berada di depan Mako Brimob. UU TPKS (Tindak Pidana Kekerasan Seksual ) sudah mengatur bahwa identitas korban wajib dirahasiakan. Apa yang bisa kita pahami?"

Bagi Reza, janggal jika seseorang mengeklaim mengalami pelecehan seksual, dianggap sebagai korban, tapi pada saat yang sama justru dimunculkan di hadapan media, dipersilakan berbicara, "bahkan dia sebut namanya."


 

"Tindak tanduk yang jauh dari profil korban macam itu, memunculkan pertanyaan, kenapa ada kesenjangan sedemikian rupa? Barangkali jawabannya yang bersangkutan tidak punya mindset sebagai korban. Kenapa? Barangkali yang bersangkutan memang bukan korban," kata Reza.

Baca Juga: Meski Istri Sambo Punya Anak Balita, Ternyata Bisa Ditahan Bersama Anaknya, Ini Penjelasan Psikolog

Adapun ia juga membandingkan perilaku PC sebagai korban dengan hasil riset temuan ilmuwan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x