Kompas TV nasional hukum

Ini yang Bikin Psikolog Forensik Bingung, Kenapa Putri Candrawathi Tak Ditahan

Kompas.tv - 1 September 2022, 08:37 WIB
ini-yang-bikin-psikolog-forensik-bingung-kenapa-putri-candrawathi-tak-ditahan
Program dialog Sapa Indonesia Pagi di KOMPAS TV membahas alasan Putri Candrawathi tak kunjung ditahan, Kamis (1/9/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Psikolig forensik Reza Indragiri Amriel menyatakan kebingungannya terkait situasi tersangka pembunuhan Brigadir J, Putri Candrawathi (PC) atau istri Ferdy Sambo, tak kunjung ditahan dengan alasan kesehatan.

Reza menjabarkan beberapa penjelasan dalam dialog Sapa Indonesia Pagi di KOMPAS TV, Kamis (1/9/2022).

Awalnya, ia menyebut proses hukum memang mengharuskan terperiksa dalam kondisi sehat. 

"Jadi andaikan PC memang sungguh-sungguh sakit, sudah sepatutnya diberi kesempatan pada yang bersangkutan untuk rehat, agar lekas sembuh, sehingga bisa mengikuti proses ke tahap hukum berikutnya," kata Reza.

"Kita bicara tentang seseorang yang mengeklaim sakit, dan pada saat yang sama sedang bermasalah dengan hukum," ucapnya.

Baca Juga: Putri Candrawathi, Istri Ferdy Sambo Dua Kali Datang Pemeriksaan Tidak Terlacak Media

Bagi Reza, pokok masalahnya terdapat pada dimensi hukum, bukan pada dimensi klinis.

"Saya punya alasan untuk mengatakan, adakah kemungkinan orang yang bermasalah dengan hukum, termasuk PC, sedang sakit sungguhan atau sedang memainkan akting sakit?" kata Reza.


 

Menurutnya, terdapat kemungkinan rekayasa berencana terhadap kondisi fisik maupun psikis, untuk mendapat manfaat atau tujuan hukum tertentu.

"Kenapa kalau Ibu PC sungguh-sungguh sakit, dia kooperatif ketika diperiksa pihak tertentu, tetapi tidak kooperatif diperiksa pihak lain, khususnya ketika diperiksa Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), yang notabene akan memberi perlidungan kepada yang bersangkutan," kata Reza.

"Sederhana saja bagi kita untuk bernalar, kalau memang yang bersangkutan sakit, butuh pertolongan, semestinya pintu akan dibuka selapang-lapangnya untuk LPSK," ucapnya.

Bagi Reza, yang membuat publik berprasangka adalah situasi di mana PC terkesan "kadang-kadang sakit, kadang-kadang tidak sakit. Sekali lagi apakah ini pura-pura sakit, atau sungguh-sungguh sakit?"

Baca Juga: Usai Diperiksa, Putri Candrawathi Tak Ditahan, tapi Wajib Lapor 2 Kali Seminggu


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x