Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi Tinjau Tambang Grasberg dan Luncurkan Teknologi 5G Mining di Mimika, Papua

Kompas.tv - 1 September 2022, 07:07 WIB
presiden-jokowi-tinjau-tambang-grasberg-dan-luncurkan-teknologi-5g-mining-di-mimika-papua
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai acara Pemberian Nomor Induk Berusaha kepada UMK Perseorangan di GOR Toware, Jayapura, Papua, Rabu (31/8/2022).  (Sumber: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengawali kegiatan di hari ketiga di Papua dengan melakukan kunjungan kerja menuju Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo serta rombongan berangkat pukul 07.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), mengendarai kendaraan roda empat menuju Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI).

Lokasi Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia berada di ketinggian 3.325-4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Setelah itu, Presiden akan menuju lokasi tambang bawah tanah di OB 04 untuk meninjau ruang kontrol pengendali alat berat berteknologi 5G,” sebut keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Komnas HAM Minta Panglima TNI Perjelas Perdagangan Senjata dan Pembunuhan Disertai Mutilasi di Papua

“Selepasnya, Presiden akan menuju DMLZ underground untuk meninjau tempat ibadah yang berada di bawah tanah yaitu Masjid Jami Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria.”

Kemudian, Presiden Jokowi akan menuju Tera shop untuk meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining sendiri merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PTFI.


 

Saat memberikan sambutan dalam silaturahmi dengan karyawan PTFI pada Rabu malam (31/8/2022), Presiden Jokowi mengatakan bahwa ia akan melihat pengelolaan pertambangan dengan menggunakan teknologi 5G mining.

“Ini yang mau saya lihat seperti apa sih me-manage sebuah tambang dengan 5G sistem, saya mau lihat besok (hari ini, red),” ucap Jokowi.

Baca Juga: Terkonfirmasi! Ferdy Sambo Ternyata Tidak Peragakan Tembak Brigadir J dalam Rekonstruksi

Pada sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melalui Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja ini yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x