Kompas TV nasional peristiwa

Khawatir Harga Pertalite Naik, Antrean Kendaraan Mengular di Sejumlah SPBU di Jakarta dan Sidoarjo

Kompas.tv - 1 September 2022, 00:27 WIB
khawatir-harga-pertalite-naik-antrean-kendaraan-mengular-di-sejumlah-spbu-di-jakarta-dan-sidoarjo
Antrean kendaraan yang ingin mengisi BBM Pertalite baik kendaraan roda dua maupun roda empat mengular hingga ke bahu jalan. Antrean ini terjadi di SPBU 34.102.01 di jalan Penjernihan I, Pejompongan, Jakarta, Rabu malam (31/8/2022). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wacana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar bersubsidi membuat sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dipadati kendaraan. 

Seperti di SPBU 34.102.01 di Jalan Penjernihan I, Pejompongan, Jakarta pada Rabu malam (31/8/2022).

Laporan jurnalis KOMPAS TV Asri Gunawan menjelaskan, antrean kendaraan yang ingin mengisi BBM jenis Pertalite mengular hingga ke bahu jalan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Mulai Bagikan BLT BBM, Energy Watch: Ini Tanda dalam Waktu Dekat BBM Naik

Sementara untuk solar, diketahui di SPBU Pejompongan, stok sudah habis sejak bulan Maret 2022. Sedangkan Pertalite masih tersedia dan masih di harga Rp7.650. 

Saat dikonfirmasi kepada pengendara, mereka banyak yang tidak mengetahui terkait rencana pemerintah menaikkan BBM Pertalite per tanggal 1 Septermber 2022.

Namun, ada juga pengendara yang ingin mengisi BBM karena khawatir per tanggal 1 September harga Pertalite sudah berubah. 

Bahkan, ada salah seorang pengendara yang akhirnya mengisi BBM di SPBU Pejompongan karena sudah mengunjungi lebih dari tiga SPBU dengan antrean panjang. 

Baca Juga: Dilema antara APBN dan BBM, Menkeu Sri Mulyani: Kuota Pertalite Habis September, Solar Oktober

Antrean panjang juga terjadi di Sidoarjo. Laporan jurnalis KOMPAS TV Jack Robby, sejak Rabu (31/8) sore, sejumlah pengendara sudah memadati SPBU untuk mengisi BBM karena khawatir harga akan naik.

Menurut Robby, di beberapa SPBU sudah tidak bisa melayani pengisian Pertalite untuk kendaraan roda dua dan roda empat karena kekurangan stok. 

Dari data yang dihimpun, hampir seluruh SPBU yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak sore hingga malam ini terjadi antrean panjang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x