Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Benar-Benar Hentikan Total Pasokan Gas ke Eropa, Pemeliharaan Turbin Jadi Alasan

Kompas.tv - 1 September 2022, 02:05 WIB
rusia-benar-benar-hentikan-total-pasokan-gas-ke-eropa-pemeliharaan-turbin-jadi-alasan
Pipa gas Nord Stream 1 di Lubmin, Jerman. Gazprom Rusia memutuskan memotong pasokan gasnya ke negara anggota Uni Eropa mulai 31 Agustus 2022. (Sumber: Stefan Sauer/dpa via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BERLIN, KOMPAS.TV — Gazprom Rusia menghentikan aliran gas alam melalui pipa utama dari Rusia ke Eropa mulai Rabu (31/8/2022) pagi, seperti laporan Associated Press. Penghentian pasokan itu sudah diumumkan sebelumnya dan disebut akan berlangsung selama tiga hari.

Perusahaan energi milik negara Rusia mengumumkan penutupan Nord Stream 1 pada pertengahan Agustus, mengutip pemeliharaan di stasiun kompresor sebagai alasan, penjelasan yang diragukan oleh pejabat Jerman.

Gazprom mengatakan, pekerjaan pemeliharaan itu diperlukan pada satu-satunya turbin yang masih berfungsi di stasiun Portovaya, di ujung pipa Rusia.

Gazprom mulai memotong pasokan melalui Nord Stream 1 mulai pertengahan Juni dengan alasan masalah teknis yang oleh otoritas Jerman dianggap sebagai kedok untuk permainan kekuatan politik. Dalam beberapa minggu terakhir, Nord Stream 1 hanya berjalan dengan kapasitas 20 persen.

Rusia, yang sebelumnya menyumbang sedikit lebih dari sepertiga pasokan gas Jerman, juga mengurangi aliran gas ke negara-negara Eropa lainnya yang telah memihak Ukraina dalam perang.

Gas alam digunakan untuk menggerakkan industri, memanaskan rumah dan kantor, dan menghasilkan listrik.

Meningkatkan jumlah cadangan gas telah menjadi fokus utama pemerintah Jerman sejak Rusia menyerang Ukraina, untuk menghindari penjatahan bagi industri karena permintaan meningkat di musim dingin.

Baca Juga: Rusia Umumkan Hentikan Total Pasokan Gas ke Eropa selama Tiga Hari karena Perawatan Rutin

Ilustrasi. Jalur pipa gas Rusia Nordstream yang membentang dari Rusia ke Jerman, melewati banyak negara Eropa. Gazprom Rusia menghentikan aliran gas alam melalui pipa utama dari Rusia ke Eropa mulai Rabu pagi, (31/8/2022) seperti laporan Associated Press. Penghentian pasokan itu sudah diumumkan sebelumnya dan dikatakan akan berlangsung tiga hari. (Sumber: PJSC Gazprom)

Pada bulan Juli, pemerintah Jerman bergerak untuk memperketat persyaratan penyimpanan dan memberlakukan aturan cadangan gas menjadi 75 persen penuh pada 1 September, target yang telah terlampaui, dan meningkatkan target untuk Oktober dan November menjadi 85 persen dan 95 persen, masing-masing, dari 80 persen dan 90 persen tingkat sebelumnya.

Pada Rabu, fasilitas penyimpanan Jerman lebih dari 83 persen penuh. Kanselir Olaf Scholz mengatakan pemerintahnya telah bertindak dengan baik dan mengantisipasi sejak awal, ketika "tidak semua orang yakin kita mungkin memiliki masalah."


Sementara Jerman berupaya menyimpan gas dan mendiversifikasi pasokannya, Jerman juga termasuk di antara negara-negara yang mendesak untuk mendesain ulang pasar listrik Eropa untuk mengurangi pengaruh kenaikan harga gas pada biaya energi.

"Tekanannya sangat besar sehingga saya sangat yakin bahwa itu akan dilakukan dengan cepat," kata Scholz, tanpa merinci apakah perubahan akan dilakukan musim dingin ini. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menjanjikan reformasi pada hari Senin.

Komisaris energi Uni Eropa, Kardi Simson, mengatakan bahwa blok 27 negara berhasil mencapai tujuan untuk mengisi penyimpanan gas hingga 80 persen dari kapasitas menjelang bulan-bulan musim dingin. Tanggal target adalah 1 November.

Anggota Uni Eropa Hungaria, yang dekat dengan Rusia dan bersikeras pada pengecualian sementara dari embargo blok minyak Rusia, mendapatkan lebih banyak gas dari Moskow.

Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto mengatakan di Facebook pada Rabu bahwa Gazprom akan mengirimkan hingga 5,8 juta meter kubik per hari pada bulan September dan Oktober di atas jumlah yang telah digariskan dalam perjanjian jangka panjang antara kedua negara, kantor berita Hungaria MTI melaporkan.

 



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.