Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Ungkap Dua Dugaan Sementara Penyebab Kecelakaan Truk di Bekasi: Human Error atau Gagal Rem

Rabu, 31 Agustus 2022 | 17:49 WIB
polisi-ungkap-dua-dugaan-sementara-penyebab-kecelakaan-truk-di-bekasi-human-error-atau-gagal-rem
Truk kontainer bermuatan besi menabrak kerumunan orang di depan SDN Kota Baru 2 & 3 Bekasi serta tiang telekomunikasi hingga roboh di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022) sekitar pukul 10.00 WIB. (Sumber: KOMPAS TV/ANTARA)

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi mengungkap dugaan sementara penyebab kecelakaan truk yang mengakitban 11 orang tewas di jalan Sultan Agung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022) pagi.

Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigadir Jenderal Aan Suhanan mengatakan penyebabnya ada dua kemungkinan berdasarkan hasil penyelidikan sementara polisi.

"Ada bekas rem. Ada sekitar lima meter (tanda upaya pengereman). Kami lihat dari bekas rem, ini ada beberapa kemungkinan, bisa human error, bisa gagal rem karena overload, ini masih kami selidiki," kata Aan di lokasi kejadian, Rabu, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Truk Maut di Bekasi, Tabrak Tiang Komunikasi hingga Roboh dan Menimpa Kendaraan

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan bahwa truk kontainer bermuatan besi panjang itu hilang kendali sebelum akhirnya menabrak halte dan tiang telekomunikasi hingga roboh.

Dia menuturkan kecepatan truk di atas 60 km per jam berdasarkan letak perseneling yang ada di gigi 3.


"Untuk sementara yang kami lihat adalah letak perseneling ada di gigi 3. Kami duga kecepatannya pasti di atas 60 km per jam. Ini masih kita duga. Kecepatannya nanti kita ukur," kata Latif di lokasi kejadian yang dikutip dari program Breaking News di Kompas TV.

Terkait jumlah korban, sebelumnya mantan Dirlantas Polda DIY itu menyebutkan kecelakaan tersebut telah menyebababkan 30 orang menjadi korban, 10 diantaranya meninggal dunia, dan 20 lainnya mengalami luka-luka.

Terbaru, total korban meninggal bertambah menjadi ada 11 orang.

Baca juga: Cerita Warga di Lokasi Kecelakaan Truk Trailer Maut Bekasi, Tolong Anak SD Kejepit Pagar Besi

Para korban, lanjut Latif dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi dan Rumah Sakit Ananda.

Sementara itu, sopir truk kontainer telah diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut mengenai peristiwa itu.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x