Kompas TV regional gaya hidup

Cara Agar Karyawan Nyaman di Kantor

Kompas.tv - 31 Agustus 2022, 08:12 WIB
cara-agar-karyawan-nyaman-di-kantor
Ada beberapa hal yang perlu perusahaan lakukan agar para karyawan nyaman berada di kantor. (Sumber: Freepik/tirachardz)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia memiliki jumlah pekerja tertinggi, yaitu sebesar 14,3 persen, yang jam kerjanya lebih dari 60 jam dalam seminggu. Data ini melebihi rata-rata pekerja penuh waktu yang hanya berkisar 40 jam dalam seminggu. 

Dari hal ini, kita mendapat kesimpulan bahwa banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bekerja. Dengan waktu selama itu, sudah seharusnya perusahaan membuat suasana dan lingkungan kantor senyaman mungkin. 

Upaya-upaya untuk membuat karyawan nyaman di kantor, juga dibahas oleh Tung Desem Waringin dalam siniar Smart Inspiratoion berjudul “Tiga Cara Membuat Karyawan Merasa Nyaman Bekerja di Kantor”.

Selain hal yang disebutkan Tung, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Mengutip dari 15five, beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman di tempat kerja.

Sampaikan pujian dan pengakuan

Setiap orang memiliki keinginan untuk dihargai atas usaha yang telah dilakukannya, terkhusus dalam dunia pekerjaan. Kerja yang dilakukan tim maupun individu tetap harus diberikan apresiasi. 

Pengakuan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan penghargaan bulanan dengan beragam nominasi.

Sesuaikan pekerjaan dengan kemampuan

Perusahaan juga harus mampu memetakan kemampuan karyawan sesuai dengan bidang yang digelutinya. Hal ini dilakukan agar mereka lebih efektif membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. 

Baca Juga: Manchester City Ingin Datangkan Manuel Akanji sebelum Jendela Transfer Ditutup

Ingatlah bahwa semua pekerjaan memiliki porsi masing-masing. Selain itu, mereka juga sama pentingnya bagi kelangsungan perkembangan perusahaan.

Berikan tunjangan yang berarti

Kesejahteraan karyawan penting bagi perusahaan. Untuk mencapainya, perusahaan bisa memberi tunjangan, seperti uang, hari libur, atau kesehatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.