Kompas TV olahraga kompas sport

Pelatih Thailand Soal Persaingan Piala AFF 2022: Indonesia Istimewa tapi Vietnam Tetap Pesaing Utama

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 19:11 WIB
pelatih-thailand-soal-persaingan-piala-aff-2022-indonesia-istimewa-tapi-vietnam-tetap-pesaing-utama
Pelatih timnas Thailand Alexandre Mano Polking menyebut Timnas Indonesia dan Vietnam sebagai pesaing di Piala AFF 2022.(Sumber: Changsuek)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Thailand Alexandre Mano Polking mengatakan bahwa Timnas Indonesia punya kekuatan istimewa di Piala AFF 2022. Tapi dia menilai, Vietnam tetap masih menjadi pesaing utama bagi mereka. 

Pada Piala AFF 2022 akhir tahun ini, Thailand masuk di Grup A. Gajah Perang akan bersaing dengan Filipina, Indonesia, Kamboja dan satu tim dari pemenang babak kualifikasi yang mempertemukan Brunei Darussalam melawan Timor Leste. 

Sementara di Grup B, persaingan juga cukup sengit karena ada Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos. 

Pada Piala AFF 2022 mendatang, format kompetisi akan berbeda dari edisi sebelumnya. Di Piala AFF edisi 2020, Singapura dipilih sebagai tuan rumah terpusat karena saat itu turnamen digelar di tengah pandemi Covid-19. 

Tapi di edisi tahun ini, Piala AFF akan kembali dengan format yang digunakan saat tahun 2018 di mana laga penyisihan grup akan digelar secara kandang tandang. 

Mano Polking yakin, dengan format kandang tandang untuk Piala AFF 2022 akan sangat menyenangkan bagi para penggemar. 

"Saya yakin format kandang dan tandang untuk turnamen tahun ini akan sangat menyenangkan bagi para penggemar khususnya," kata pelatih asal Brasil itu dikutip dari laman resmi Piala AFF, Selasa (30/8/2022).

"Dengan dua pertandingan penyisihan Grup yang dimainkan di kandang, itu akan memberikan suasana yang berbeda dan membuatnya menjadi lebih baik, lebih istimewa dari edisi sebelumnya," ujarnya. 

Baca Juga: Drawing Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Segrup dengan Thailand dan Filipina

Sementara untuk persaingan di Piala AFF 2022, Mano Polking menganggap semua tim punya kekuatan yang bagus. 

Dia juga memberi pujian khusus kepada Timnas Indonesia yang menurutnya punya kekuatan istimewa. 

"Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina semuanya tim yang bagus. Tapi Indonesia istimewa dari tim lain," kata Polking dikutip dari Siam Sport

"Karena mereka menggunakan pemain yang sama yang sudah lama bermain bersama dengan pelatih yang sama dan merupakan tim muda. Mereka lawan yang sulit untuk dihadapi," imbuhnya. 

Meski begitu, Mano Polking masih merasa Vietnam tetap menjadi pesaing utama mereka untuk mempertahankan gelar Piala AFF. 

"Namun secara keseluruhan, Vietnam masih menjadi pesaing utama. Kami tahu mereka kuat," ujarnya. 

Piala AFF 2022 akan dilangsungkan pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Di edisi 2022, Timnas Indonesia harus puas menjadi runner-up setelah kalah di final dari Thailand dengan agregat 6-2.

Baca Juga: Timnas Indonesia Satu Grup dengan Thailand di Piala AFF 2022, Ini Kata Shin Tae-yong



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x