Kompas TV nasional peristiwa

Arti Baju Tahanan Jingga 052 yang Dipakai Ferdy Sambo dan Tersangka Lain

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 16:02 WIB
arti-baju-tahanan-jingga-052-yang-dipakai-ferdy-sambo-dan-tersangka-lain
Tersangka pembunuhan berencana Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo, mengenakan baju tahanan dalam proses rekonstruksi, Selasa (30/8/2022). (Sumber: Baitur Rohman/Kompas.tv)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang digelar Selasa (30/8/2022), menghadirkan para tersangka termasuk eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.

Rekonstruksi ini dilakukan di dua tempat, salah satunya di rumah pribadi Sambo di Jalan Saguling III, Duren 3, Pancoran, Jakarta Selatan.

Selain Ferdy Sambo, hadir juga empat tersangka lainnya yaitu Bharada E atau Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan istri Sambo, Putri Candrawathi.

Mereka, kecuali Putri, tampak mengenakan baju tahanan berwarna jingga. Ferdy Sambo memakai baju tahanan bernomor 052, Kuat Maruf nomor 047, Bripka Ricky Rizal nomor 041, dan Bharada E nomor 035.

Putri Candrawathi hadir dengan baju berwarna putih. 

Lantas adakah arti dari baju tahanan berwarna jingga dengan kode untuk para tersangka?

Baca Juga: Rekonstruksi Kasus Brigadir J, Putri Tampak Menangis di Pelukan Ferdy Sambo


Seperti dilaporkan Tribunnews.com, Selasa (30/8/2022), nomor yang terpampang dalam baju tahanan merupakan nomor registrasi sekaligus nomor urut tahanan.

Pemberian nomor urut itu diketahui dilakukan secara acak. Ferdy Sambo yang hadir dengan baju nomor 052 rupanya adalah baju yang tersedia ketika dia ditahan.

Untuk diketahui baju tersebut dipakai secara bergantian oleh tahanan dan akan berpindah tangan jika tahanan tersebut bebas atau dipindahkan ke tempat lain.

Diberitakan sebelumnya, kepolisian menggelar sebanyak 78 adegan untuk rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J di TKP yang ada di Magelang, rumah pribadi Ferdy Sambo, hingga rumah dinas di Duren 3, Jakarta.

“Ini atas seizin penyidik, untuk kegiatan rekonstruksi pada hari ini. Rekonstruksi pada hari ini akan meliputi 78 adegan," jelas Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo dikutip dari Kompas TV, Selasa.

“Di rumah Magelang sebanyak 16 adegan meliputi peristiwa tanggal 4, 7 dan 8 Juli. Di rumah Saguling, 35 adegan, meliputi peristiwa tanggal 8 dan pasca pembunuhan Brigadir J," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x