Kompas TV regional berita daerah

Rakerwil Untuk IPKEMINDO Sulsel Yang Responsif & PASTI

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 15:19 WIB
rakerwil-untuk-ipkemindo-sulsel-yang-responsif-pasti
tugas utama Kementerian Hukum dan HAM adalah pembangunan di bidang hukum dan HAM, maka perlu untuk 1.) memperkuat kekuatan internal organisasi, 2.) meningkatkan sinergitas antara kementerian dan lembaga, dan 3.) membuka partisipasi masyarakat seluas-luasnya (Sumber: humas kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pembimbing Pemasyarakatan Indonesia (DPW IPKEMINDO) Wilayah Sulawesi Selatan periode 2022-2025 menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Selasa (30/08).

Rakerwil ini mengusung tema revitalisasi peran DPW IPKEMINDO Sulsel sebagai profesi yang responsif berlandaskan tata nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif dan diikuti oleh seluruh anggota pengurus dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Pemasyarakatan di Sulsel, meliputi  Makassar, Bone, dan Palopo.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sulsel Sirajuddin mengatakan, berdasarkan Anggaran Dasar IPKEMINDO, tujuan organisasi IPKEMINDO untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi praktis agar terwujud pejabat fungsional Pembimbing Pemasyarakatan (PK) dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK) yang berkualitas dan profesional dalam mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung perlindungan HAM.

“Seluruh pejabat fungsional PK dan APK wajib menjadi anggota organisasi profesi IPKEMINDO. IPKEMINDO memiliki posisi strategis berperan sebagai pembina, pengembang, dan pengawas mutu pendidikan, pelayanan, dan kehidupan profesi pejabat fungsional PK dan APK,” jelas Sirajudddin dalam sambutannya mewakili Kakanwil Sulsel Liberti Sitinjak.

Lanjut Sirajuddin, tugas utama Kementerian Hukum dan HAM adalah pembangunan di bidang hukum dan HAM, maka perlu untuk 1.) memperkuat kekuatan internal organisasi, 2.) meningkatkan sinergitas antara kementerian dan lembaga, dan 3.) membuka partisipasi masyarakat seluas-luasnya.

“Saya berharap, pengurus DPW IPKEMINDO Sulsel dapat menjadi agen untuk membangun public trust (kepercayaan publik) dan meminimalkan public complain (mampu mengeliminir komplain masyarakat), melalui program kerja 2022-2025 yang ditetapkan dapat memberikan sumbangsih terbaik buat masyarakat.”

Menutup sambutannya, Sirajuddin berpesan untuk mengukuatkan komitmen dan konsistensi menjadi insan pengayoman yang profesional dan akuntabel, serta kreatif menyikapi berbagai keterbatasan yang ada dengan semangat kebersamaan semakin PASTI dan menjiwai core values ASN BerAHLAK.

Sementara itu, Ketua IPKEMINDO Sulsel Andi Marwan mengatakan, anggota IPKEMINDO perlu memahami selain bernaung di organisasi profesi yang senantiasa dikontrol dan dievaluasi oleh pengurus pusat, anggota juga bernaung pada institusi Unit Pelaksana teknis Kementerian Hukum dan HAM baik di Kantor Wilayah maupun di Balai Pemasyarakatan

Setiap pengurus diharapkan siap dikritisi untuk kemajuan organisasi, serta bekerja secara profesional. Terkait program kerja kedepan akan lebih efektif, berbeda dengan 3 tahun sebelumnya beberapa program kerja terhambat karena pembatasan penanggulangan pandemi Covid-19.


#apkemindo
#balaipemasyarakatan
#ASNberakhlak



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.