Kompas TV entertainment lifestyle

Harga Telur Sedang Mahal, Ini 7 Bahan Pengganti untuk Bikin Kue

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 13:01 WIB
harga-telur-sedang-mahal-ini-7-bahan-pengganti-untuk-bikin-kue
Telur merupakan bahan krusial dalam pembuatan kue. Sebab bahan ini bisa bantu mengempukkan maupun melembutkan adonannya. (Sumber: PEXELS/KLAUS NIELSEN via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Telur merupakan bahan krusial dalam pembuatan kue. Sebab bahan ini bisa bantu mengempukkan maupun melembutkan adonannya. Walau fungsi telur dalam baking cukup penting, tapi bahan ini bisa digantikan dengan alternatif lainnya.

Dikutip dari “Seri Kue Sehat Favorit: Tanpa Telur” oleh Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dan sumber lainnya, berikut 7 bahan pengganti telur untuk bikin kue.

1. Tahu

Selain dimasak, tahu pun dapat menjadi pengganti telur untuk bikin kue. Khususnya tahu yang tekstur lembut seperti tahu sutra atau tahu susu. Rasio takarannya yaitu 25 gram gram tahu untuk menggantikan satu butir telur.

2. Pisang

Pisang dapat digunakan sebagai pengganti telur untuk baking. Untuk takarannya, sekitar setengah buah pisang yang dihaluskan bisa menggantikan satu butir telur.

Baca Juga: Harga Telur Ayam Masih Melambung, Pedagang Keluhkan Omzet Menurun hingga 50 Persen

3. Tepung maizena

Bahan pengganti telur lainnya yaitu tepung maizena. Namun sebelum digunakan kamu perlu melarutkannya dengan air.

Takaran yang dianjurkan yakni satu sendok makan maizena yang dilarutkan dengan dua sampai tiga sendok makan air bisa menggantikan satu butir telur.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x