Kompas TV regional berita daerah

Meriah, Seniman Ramaikan Gemelan On The Road

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 12:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati satu dasawarsa keistimewaan Yogyakarta dan HUT Kemerdekaan ke-77 RI, sejumlah seniman, anggota TNI dan Polri menggelar pertunjukan musik gamelan dari atas mobil dan berkeliling Kabupaten Kulon Progo sejauh 50 kilometer. Permainan musik gamelan bertajuk gamelan on the road yang dikolaborasikan dengan tabuhan bedug berhasil memukau ribuan warga di sepanjang jalan yang dilalui. 

Dengan menaiki dua rangkaian panjang kendaraan berisi perangkat gamelan, sedikitnya 75 pengrawit dan sinden, serta anggota polisi dan tni di Kabupaten Kulonprogo, menggelar konser keliling kota. Di sepanjang jalan, para seniman ini memainkan gamelan dikolaborasikan dengan irama bedug tanpa henti. Konser keliling kota ini juga diiringi pawai ratusan bendera merah putih. 

Kegiatan musik gamelan dengan berkeliling kota ini dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama, gamelan mengelilingi Kulon Progo bagian selatan sejauh 50 kilometer, sedang esok hari dengan jarak yang sama menghibur masyarakat Kulon Progo bagian utara. Para pemain berasal dari beberapa generasi, mulai anak anak hingga dewasa. 

Meski hanya bisa menikmati belasan menit permainan gamelan on the road, warga di sejumlah titik pusat keramaian mengaku senang akhirnya bisa melihat pawai, setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. 

Gamelan on the road ini merupakan kegiatan pertama kalinya yang diselenggarakan oleh Pemkab Kulon Progo dalam rangka memperingati satu dasawarsa keistimewaan DIY setiap 31 Agustus. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, Kegiatan ini sekaligus untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan ke-77 RI. "Ada 75 seniman dan didukung oleh TNI Polri, selain itu kami juga bawa pelaku wisata yang naik jeep sebagai simbol perjalanan wisata dengan membawa 100 bendera merah putih," jelas Joko Mursito. 

Bagi seniman, kegiatan ini merupakan salah satu kebangkitan berkreasi di luar ruangan pasca pandemi Covid-19. Masyarakat berharap kegiatan serupa bisa diselenggarakan lagi mendatang. 

#kulonprogo #gamelanontheroad #satudasawaryaDIY



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x