Kompas TV nasional hukum

Rekonstruksi Brigadir J: Bripka RR dan Bharada E Serah Terima Senjata, Putri Berbaring di Ranjang

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 11:43 WIB
rekonstruksi-brigadir-j-bripka-rr-dan-bharada-e-serah-terima-senjata-putri-berbaring-di-ranjang
Bharada E yang berhadap-hadapan dengan RR dan ada senjata di antara keduanya dalam rekonstruksi yang digelar hari ini di rumah pribadi Ferdy Sambo (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bharada Eliezer atau Bharada E tampak berhadapan-hadapan secara langsung dengan Bripka Ricky Rizal (RR). Lalu ada sebuah senjata di antara keduanya dan saling dipegang, seperti sebuah penyerahan senjata dari atasan kepada bawahan.

Keduanya juga sama-sama memakai baju tahanan berwarna oranye dengan tulisan Tahanan Bareskrim Polri.

Kejadian itu terlihat saat rekonstruksi di tempat kejadian perkara (TKP) pembunuhan Brigadir J di Magelang yang dilaksanakan di rumah pribadi Ferdy Sambo, Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022).

Sebelum adegan tersebut, tersangka lain pembunuhan Brigadir J, Kuat Maruf (KM) dihadirkan. Ia juga berdiri di depan Bripka RR dan tampak bicara sesuatu.

Lantas, RR menemui istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC) yang memakai baju putih, beda sendiri dibanding tersangka lain.


 

Putri juga terlihat berbaring di sebuah ranjang dalam ruangan untuk rekonstruksi tersebut. Mereka, RR dan Putri, juga seperti bicara sesuatu.

Baca Juga: Rekonstruksi Kasus Yosua Dimulai! Ada Berapa Tersangka yang Ikut Reka Ulang Kejadian Pembunuhan?

Baca Juga: "Kerajaan Sambo" Jadi "Beking" Mafia Judi? - AIMAN

Setelah Pemberian Senjata

Lantas, rekonstruksi berubah setelah RR dan Bharada E berhadap-hadapan dan seperti menyerahkan sebuah senjata.

Senjata itu dipegang oleh Bharada E.

Lantas, ada seorang pria memakai kaus putih dengan tulisan Brigadir J. Dia adalah sosok pengganti yang memerankan Brigadir J dalam rekonstruksi tersebut.

Tak lama, Bharada E pun berjalan menuju Brigadir J. Mereka juga seperti bicara sesuatu terlebih dahulu.

Lalu adegan lagi berubah lagi. Putri Candrawathi tampak menjelaskan sesuatu ketika berbaring. Sedangkan Brigadir J posisinya tak jauh dari Putri. 

Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo di ruangan dan berbaring di sebuah ranjang dalam proses rekonstruksi hari ini (Sumber: Youtube Polri/Dedik)

Sampai berita ini ditulis, 11.20 WIB, rekonstruksi adegan masih berjalan. 

Sebelumnya seperti diberitakan, Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan, ada 78 adegan yang akan direkonstruksi kasus pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, hari ini, mulai dari tempat kejadian perkara (TKP) di Magelang, rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling hingga rumah dinas di Duren Tiga. 

“Pada hari ini rekonstruksi jam 10.00 WIB. Sudah dihadiri eksternal Komnas Ham dan Kompolnas. Kemudian untuk tersangka sudah hadir, Irjen FS, empat tersangka dalam perjalanan," ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/8/2022). 

“Ini atas seizin penyidik, untuk kegiatan rekonstruksi pada hari ini. Rekonstruksi pada hari ini akan meliputi 78 adegan," ucapnya. 

“Di rumah Magelang sebanyak 16 adegan meliputi peristiwa tanggal 4, 7 dan 8 juli. Di rumah Saguling 35 adegan, meliputi peristiwa tanggal 8 dan pasca pembunuhan brigadir J," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.