Kompas TV nasional hukum

LPSK Belum Pastikan Bharada E Hadiri Rekonstruksi, Siapkan Alternatif, termasuk Peran Pengganti

Kompas.tv - 29 Agustus 2022, 20:35 WIB
lpsk-belum-pastikan-bharada-e-hadiri-rekonstruksi-siapkan-alternatif-termasuk-peran-pengganti
Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Susilaningtias belum dapat memastikan saksi pelaku (justice collaborator) Richard Eliezer atau Bharada E, hadiri rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) belum dapat memastikan kehadiran tersangka saksi pelaku (justice collaborator) Richard Eliezer atau Bharada E dalam rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat yang rencananya digelar esok pagi.

"Kami masih membicarakan sebenarnya dengan Bharada E dan kuasa hukumnya terkait dengan kehadiran dia," kata Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Susilaningtias saat ditanya terkait kepastian kehadiran Bharada E pada acara rekonstruksi di Kompas Petang, KOMPAS TV Senin (29/8/2022).

Akan tetapi, Susi mengungkapkan, pihaknya masih menyiapkan sejumlah alternatif terkait kehadiran Bharada E dalam rekonstruksi.

"Kami masih diskusikan secara intens, apakah Bharada E ini akan hadir atau tidak scara langsung," kata Susi.

"Harapannya memang hadir gitu ya. Kami sedang mempersiapkan itu semuanya," imbuhnya.

Baca Juga: Jelang Rekonstruksi, LPSK Jelaskan Kondisi Terkini Bharada E: Secara Fisik dan Psikis Sehat

Menurut dia, tim penyidik kasus penembakan Brigadir J berharap Bharada E dapat menghadiri rekonstruksi kasus itu bersama dengan tersangka lainnya, termasuk Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi.

"Terkait dengan proses rekonstruksi ini, penyidik memang harapannya Bharada E datang secara langsung karena bisa jadi rekonstruksi ini ada hal baru yang menguak kasus ini, fakta baru, atau ya mungkin bisa didapat saat rekonstruksi," jelasnya saat dikonfirmasi jurnalis KOMPAS TV Valentina Sitorus melalui sambungan telepon, Senin (29/8/2022).

Susi mengutarakan bahwa LPSK juga menyiapkan peran pengganti apabila Bharada E tidak siap hadir dalam rekonstruksi.

"Peran pengganti dan sebagainya, ini yang masih didiskusikan dari siang sampai sore ini," jawab Susi ketika ditanya terkait alternatif yang disiapkan LPSK.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.