Kompas TV nasional kesehatan

Vaksin Nusantara Kembali Masuk di Jurnal Internasional, Terawan: Bisa Menjadi Rujukan bagi Peneliti

Kompas.tv - 29 Agustus 2022, 04:05 WIB
vaksin-nusantara-kembali-masuk-di-jurnal-internasional-terawan-bisa-menjadi-rujukan-bagi-peneliti
Artikel penelitian Vaksin Nusantara yang diinisiasi mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kembali masuk jurnal internasional. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Artikel tentang hasil uji klinis Vaksin Nusantara yang diinisiasi Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto kembali dimuat dalam jurnal internasional.

Kali ini, kajian Vaksin Nusantara itu maauk di jurnal medis internasional, Human Vaccines & Immunotherapeutics yang terindeks di Scopus. 

Artikel yang berjudul "A personal COVID-19 dendritic cell vaccine made at point-of-care: Feasibility, safety, and antigenspecific cellular immune responses" itu terbit pada Jumat (26/8/2022) kemarin.

Andi dari tim komunikasi Terawan Agus Putranto mengatakan, ini menjadi kedua kalinya artikel tentang Vaksin Nusantara dimuat di jurnal medis internasional.

Sebelumnya, artikel dengan judul "Dendritic cell vaccine as a potential strategy to end the Covid-19 pandemic. Why should it be Ex Vivo?" juga dimuat dalam jurnal Human Vaccines & Immunotherapeutics pada 26 Mei 2022 lalu.

Dengan dimuatnya artikel Vaksin Nusantara ini, dr Terawan berharap hasil kajian itu bisa digunakan oleh para peneliti sebagai rujukan.

“Dokter Terawan berharap artikel itu bisa menjadi rujukan bagi para peneliti," kata Andi dalam rilis yang diterima Kompas TV, Minggu (28/8/2022).

Sementara mengenai isi kajian dalam artikel terbaru itu adalah tujuan penelitian Vaksin Nusantara. 

Tujuan pertama yaitu menetapkan kelayakan persiapan vaksin sel dendritik pribadi terhadap protein lonjakan SARS-CoV-2 pada titik perawatan.

Baca Juga: Terawan Menjawab Klaim Vaksin Nusantara Karya Anak Bangsa - ROSI



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.