Kompas TV nasional kesehatan

Vaksin Nusantara Kembali Masuk di Jurnal Internasional, Terawan: Bisa Menjadi Rujukan bagi Peneliti

Senin, 29 Agustus 2022 | 04:05 WIB
vaksin-nusantara-kembali-masuk-di-jurnal-internasional-terawan-bisa-menjadi-rujukan-bagi-peneliti
Artikel penelitian Vaksin Nusantara yang diinisiasi mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kembali masuk jurnal internasional. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Artikel tentang hasil uji klinis Vaksin Nusantara yang diinisiasi Letnan Jenderal TNI (Purn) Terawan Agus Putranto kembali dimuat dalam jurnal internasional.

Kali ini, kajian Vaksin Nusantara itu maauk di jurnal medis internasional, Human Vaccines & Immunotherapeutics yang terindeks di Scopus. 

Artikel yang berjudul "A personal COVID-19 dendritic cell vaccine made at point-of-care: Feasibility, safety, and antigenspecific cellular immune responses" itu terbit pada Jumat (26/8/2022) kemarin.

Andi dari tim komunikasi Terawan Agus Putranto mengatakan, ini menjadi kedua kalinya artikel tentang Vaksin Nusantara dimuat di jurnal medis internasional.

Sebelumnya, artikel dengan judul "Dendritic cell vaccine as a potential strategy to end the Covid-19 pandemic. Why should it be Ex Vivo?" juga dimuat dalam jurnal Human Vaccines & Immunotherapeutics pada 26 Mei 2022 lalu.

Dengan dimuatnya artikel Vaksin Nusantara ini, dr Terawan berharap hasil kajian itu bisa digunakan oleh para peneliti sebagai rujukan.

“Dokter Terawan berharap artikel itu bisa menjadi rujukan bagi para peneliti," kata Andi dalam rilis yang diterima Kompas TV, Minggu (28/8/2022).

Sementara mengenai isi kajian dalam artikel terbaru itu adalah tujuan penelitian Vaksin Nusantara. 

Tujuan pertama yaitu menetapkan kelayakan persiapan vaksin sel dendritik pribadi terhadap protein lonjakan SARS-CoV-2 pada titik perawatan.

Baca Juga: Terawan Menjawab Klaim Vaksin Nusantara Karya Anak Bangsa - ROSI


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x