Kompas TV olahraga kompas sport

Liverpool Hancurkan Bournemouth 9-0 dan Samai Rekor Premier League, Pengamat: Sebenarnya Bisa 14-0

Kompas.tv - 28 Agustus 2022, 14:00 WIB
liverpool-hancurkan-bournemouth-9-0-dan-samai-rekor-premier-league-pengamat-sebenarnya-bisa-14-0
Roberto Firmino (tengah) mencetak gol ketujuh Liverpool tanpa melihat ke arah gawang dalam partai Liga Inggris 2022/23 antara Liverpool vs Bournemouth di Anfield, Sabtu (27/8/2022). Liverpool memenangkan laga ini dengan skor telak 9-0, menyamai rekor kemenangan terbesar di Premier League. (Sumber: Peter Byrne/PA via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

LIVERPOOL, KOMPAS.TV -  Liverpool menyamai rekor kemenangan dengan gol terbanyak tanpa balas sepanjang era Premier League (mulai 1992). Kemenangan itu dibuat skuad Jurgen Klopp ketika meremukkan AFC Bournemouth dengan sembilan gol tanpa balas di Anfield pada pekan keempat Liga Inggris 2022/2023.

Sembilan gol tanpa balas pernah dicetak oleh Manchester United dan Leicester City.

Setan Merah yang diasuh Ole Gunnar Solksjaer meluluhlantahkan pertahanan Southampton pada pekan ke-22 Liga Inggris 2020/21. Peluit baru dibunyikan dua menit, gelandang A Jankewitz sudah diganjar kartu merah. Tujuh pemain United mencetak delapan gol dan satu gol bunuh diri terjadi dalam pertandingan di Old Trafford yang diwarnai dua kartu merah untuk pemain Southampton kala itu. Manchester United mengakhiri kompetisi tahun itu sebagai runner up dengan delapan poin di bawah City. 

Ipswich Town pernah merasakan keganasan yang sama di Old Trafford pada musim kompetisi 1994/95. Skuad Alex Ferguson kala itu mengakhiri musim kompetisi sebagai runner up, satu poin di bawah Blackburn Rovers.   

Lebih menyesakkan bagi Southampton adalah musim kompetisi 2019/2020. Saat Stadion St Mary's harus menjadi saksi ketangguhan Leicester City. Seperti ketika dibantai Setan Merah, pemain sayap Ryan Betrand sudah diusir saat pertandingan berjalan 12 menit, pada saat timnya tertingga satu gol. Dalam pertandingan itu, Jamie Vardy dan Ayoze Perez mencetak hattrick. Leicester City menutup musim kompetisi saat itu diperingkat 5 klasemen, termaput 37 poin dari Liverpool. 

Kemenangan dengan sembilan gol ditanggapi eks pemain Chelsea, Pat Nevin. Ia menganggap The Reds masih bisa mencetak lebih banyak gol dalam pertandingan itu. Bournemouth bisa kebobolan 14 gol. 

Baca Juga: Pelatih Borneo FC: Persis Solo Berpotensi Mencoreng Rekor Tim Kami

Nevin menganggap Liverpool bermain dengan sempurna, memiliki banyak kesempatan untuk menambah gol lebih banyak.

Secara khusus, pensiunan pesepakbola asal Skotlandia ini menyanjung peran Roberto Firmino dalam kemenangan telak Liverpool. 

Firmino berperan penting dalam kemenangan anak asuh Juergen Klopp atas Bournemouth. Striker asal Brasil ini mengemas dua gol dan tiga asis.

Firmino pun menjadi pemain The Reds ketiga yang terlibat langsung dalam lima gol dalam pertandingan yang sama usai Mohamed Salah dan Luis Suarez.

Bagi sang pemain, kemenangan atas Bournemouth semakin istimewa karena ia sebelumnya melakoni 20 pertandingan liga tanpa gol.

“Firmino tidak menorehkan statistik terbaik dalam hal mencetak gol, tetapi para pemain senang bermain bersamanya karena dia adalah seorang pemain tim yang hebat,” kata Nevin dikutip BBC.

“Orang-orang berpikir dia akan tersingkir seiring kedatangan Darwin Nunez, tetapi (performa lawan Bournemout) benar-benar sebuah jawaban luar biasa,” sambungnya. Darwin Nunez diganjar kartu merah pada pertandingan sebelumnya.

“Sembilan gol dan itu bisa menjadi 12, 13, 14, ini bukan melebih-lebihkan! Semuanya berlangsung sempurna (bagi Liverpool) dan Bournemouth bakal berharap mereka tidak akan pernah lagi menjalani hari seperti ini,” pungkas eks Chelsea tersebut.

Kemenangan atas Bournemouth membuat Liverpool naik ke posisi delapan klasemen sementara. Ini merupakan kemenangan pertama dari empat pertandingan The Reds di Liga Inggris musim ini.

Baca Juga: FIFA Cabut Penangguhan Federasi Sepak Bola Seluruh India



Sumber : KOMPASTV/BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x