Kompas TV regional peristiwa

Puluhan Ribu Masyarakat Ikuti Kirab Merah Putih, Bentangkan Bendera Sepanjang 1.700 Meter

Kompas.tv - 28 Agustus 2022, 13:01 WIB
puluhan-ribu-masyarakat-ikuti-kirab-merah-putih-bentangkan-bendera-sepanjang-1-700-meter
Masyarakat membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.700 meter saat Kirab Merah Putih dari Monas ke Bundaran HI, Minggu (28/8/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puluhan ribu masyarakat dari berbagai latar belakang agama dan budaya mengikuti kirab Merah Putih yang dimulai dari Monas menuju Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/8/2022).

Peserta kirab membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.700 meter.

Melansir dari Kompas.com, setidaknya ada 50.000 warga yang terlibat membawa bendera Dwi Warna tersebut.

Kirab Merah Putih juga dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan, mulai dari parade Kirab Merah Putih, doa lintas agama, tausiah kebangsaan oleh Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, sambutan, hingga kegiatan hiburan masyarakat.

Warga yang mengikuti kirab bertema “Menciptakan Kesatuan Indonesia yang Harmoni” itu juga membawa sejumlah atribut berciri khas Bendera Merah Putih.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lepas Kirab Merah Putih, Kapolri dan Habib Luthfi Ingatkan Jaga Persatuan Indonesia

Tepat di depan Pos Polisi Subsektor Thamrin, terdapat panggung utama dengan dua layar besar yang menampilkan tokoh-tokoh seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit beserta jajaran Mabes Polri, Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya, tokoh lintas agama, dan tamu undangan lainnya. 


Acara kirab dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada Minggu pagi.

“Bersama-sama dengan Kapolri, bersama-sama dengan Habib Luthfi bin Yahya, dengan mengucap bismilillahirahmanirahim, pagi hari ini saya nyatakan Kirab Merah Putih diberangkatkan,” ucap Presiden Jokowi. 

Masyarakat yang datang ke Bundaran HI untuk berolahraga juga terlihat antusias melihat Kirab Merah Putih dengan berhenti dan mengambil foto yang mengarah ke panggung utama.

Lautan manusia pun memenuhi kawasan Bundaran HI karena kirab Merah Putih dilaksanakan bertepatan dengan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Kapolri akan Hadiri Kirab Merah Putih di Bundaran HI Pagi Ini



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.