Kompas TV nasional hukum

Berikut Perbedaan antara Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J 30 Agustus dan Prarekonstruksi Juli lalu

Kompas.tv - 28 Agustus 2022, 12:18 WIB
berikut-perbedaan-antara-rekonstruksi-pembunuhan-brigadir-j-30-agustus-dan-prarekonstruksi-juli-lalu
Rumah dinas Kepala Divisi (Kadiv) Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri Inspektur Jenderal Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan. Rumah itu diduga menjadi tempat Brigadir J tewas setelah diduga terlibat aksi saling tembak dengan Bharada E. Foto diambil pada Minggu (24/7/2022). (Sumber: KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMAD)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV – Polisi menjadwalkan pelaksanaan rekonstruksi penembakan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat pada Selasa (30/8/2022) pekan depan dengan menghadirkan lima tersangka.

Sebelum melaksanakan rekonstruksi atau reka ulang kasus tersebut, pada 21 dan 22 Juli 2022, polisi juga telah menggelar prarekonstruksi.

Berdasarkan pantauan jurnalis Kompas TV, Gratia Adur, di sekitar lokasi kejadian perkara, Perumahan Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Minggu (28/8), belum tampak adanya persiapan rekonstruksi di lokasi.

Hingga siang ini belum terlihat ada sejumlah petugas yang melakukan  persiapan menjelang dua hari rekonstruksi yang akan dilakukan pada Selasa pekan depan.

Baca Juga: Kapolri Soal Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Brigadir J, Janji Transparan dan Sesuai Fakta

“Yang saya lihat hanyalah petugas keamanan yang  memang sudah terbiasa untuk melakukan penjagaan di posko ini,” jelasnya dalam program Kompas Siang di Kompas TV.

Rekonstruksi yang akan dilaksanakan Ini merupakan rekonstruksi perdana, dan rencananya polisi menghadirkan secara langsung 5 tersangka di TKP Duren Tiga Jakarta Selatan.

“Di antaranya adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan Kuar Ma’ruf, dan Putri Candrawathi, yang akan melakukan rekonstruksi didampingi oleh pengacaranya.”

Ada sejumlah perbedaan antara prarekonstruksi yang digelar pada Juli lalu dengan rekonstruksi yang akan dilaksanakan Selasa depan.

Salah satu perbedaan adalah kronologis kejadiannya, karena pada prarekonstruksi yang digelar pada Juli lalu, Polda Metro Jaya melakukan adegan baku tembak atau tembak menembak antara Yosua dan Eliezer.

“Kalau pada 21 Juli 2022, saat itu berkas perkara kasus pembunuhan Brigadir Yosua masih dipegang oleh Polda Metro Jaya.”

Saat itu Polda Metro Jaya melakukan prarekonstruksi yang dilakukan di balai pertemuan Polda Metro Jaya.


Dan dilanjutkan keesokan harinya, tanggal 22 Juli 2022 di TKP Duren Tiga Jakarta Selatan.

Saat itu polisi juga belum mengumumkan secara resmi tentang tersangka kasus itu, termasuk dalang dan peran para pelaku.

Sementara, pada reka ulang atau rekonstruksi yang akan dilaksanakan Selasa depan, polisi telah menetapkan lima tersangka dan kronologisnya adalah tentang penembakan terhadap Yosua.

Baca Juga: Rekontruksi Kasus Sambo Selasa Depan, 5 Tersangka Akan Dihadirkan di TKP Duren Tiga!

Mengenai proses rekonstruksi yang akan datang, Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan semuanya pada penyidik.

“Teknisnya biar itu diserahkan pada tim penyidik,” tuturnya dikutip dari pemberitaan Kompas TV.

“Yang penting semuanya doakan bahwa kita semua tetap seperti komitmen kita. Semuanya transparan, tidak ada yang kita tutup-tutupi, kita proses sesuai dengan fakta dan kebenaran, dan itu janji kita.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.