Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Jokowi dan Kapolri akan Hadiri Kirab Merah Putih di Bundaran HI Pagi Ini

Kompas.tv - 28 Agustus 2022, 06:11 WIB
presiden-jokowi-dan-kapolri-akan-hadiri-kirab-merah-putih-di-bundaran-hi-pagi-ini
Ilustrasi. Peserta membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 165 meter saat Kirab Kebangsaan di Kaki Gunung Merapi, Sukabumi, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (23/8/2022). (Sumber: Kompas TV/Ant Foto/Aloysius Jarot Nugroho)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menghadiri Kirab Merah Putih yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, mulai dari Monas hingga Bundaran HI pada pagi ini, Minggu (28/8/2022).

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, Kirab Merah Putih ada acara membentangkan bendera Merah Putih di kawasan Bundaran HI mulai pukul 07.00 hingga 09.00 WIB.

"Lintas elemen ini mulai dari pemerintah, tokoh agama, tokoh bangsa, Polri, pemuda, hingga mahasiswa menggelar kegiatan Kirab Merah Putih sebagai wujud untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," kata Dedi di Jakarta, Sabtu (27/8) dilansir dari Antara.

Ia juga mengungkapkan, sebanyak 50 ribu orang akan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 1.700 meter mulai dari Silang Monas hingga Bundaran HI.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Hari Ini 28 Agustus: Waspada Hujan Siang hingga Malam Hari

Dedi juga menegaskan bahwa Indonesia sebagai negara yang memiliki kekayaan budaya, keanekaragaman suku bangsa, dan ribuan bahasa. 

Meski begitu, jenderal polisi bintang dua itu menilai, perbedaan bukanlah suatu halangan untuk terus menjunjung persatuan.

"Hal itulah yang menjadi semangat lintas elemen menggelar kegiatan Kirab Merah Putih ini," tegasnya.


Ia menambahkan, selain dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Kapolri Listyo, acara itu juga akan dihadiri oleh ulama karismatik Habib Luthfi bin Ali bin Yahya.

"Acara ini juga akan dihadiri oleh puluhan ribu orang dari berbagai macam elemen masyarakat," imbuhnya.

Baca Juga: Beda Versi Harga Pertalite Jika Tak Disubsidi, Dari Jokowi hingga Sri Mulyani

Ada beberapa rangkaian kegiatan di dalam acara tersebut, di antaranya parade Kirab Merah Putih, pawai, doa lintas agama, tausiah kebangsaan, sambutan, pembacaan ikrar, serta hiburan.

Kegiatan tersebut, kata Dedi, juga akan diisi dengan berbagai macam kebudayaan bangsa Indonesia.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.