Kompas TV nasional politik

Rakernas PAN Putuskan 9 Kandidat yang Akan Dipilih Jadi Capres 2024, Ada Nama Puan Maharani

Kompas.tv - 28 Agustus 2022, 03:07 WIB
rakernas-pan-putuskan-9-kandidat-yang-akan-dipilih-jadi-capres-2024-ada-nama-puan-maharani
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ditemui pasca menutup rapat kerja nasional (Rakernas) PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022). (Sumber: KOMPAS.com/ Tatang Guritno)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rakernas Partai Amanat Nasional (PAN) menyimpulkan sembilan nama kandidat calon presiden (Capres) yang akan dipilih Ketua Umum PAN sebagai Capres di Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjelaskan sembilan nama kandidat Capres dari PAN ini hasil penyaringan 11 usulan nama dari 34 DPW PAN.

Usulan kandidat Capres yang akan diusung PAN ini terbagi menjadi tiga klaster. Pertama Klaster Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan partai politik.

Baca Juga: Ketum PAN, Zulkifli Hasan Sebut KIB Masih Buka Peluang Bagi Parpol yang Ingin Bergabung

Di klaster pertama ada Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Di partai politik, para kader PAN turut mengusulkan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

Klaster kedua figur menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. 

"Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN Erick Thohir," ujar Zulkifli saat pidato penutupan Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu malam (27/8/2022).

Baca Juga: Ganjar, Prabowo hingga Anies Diusulkan Jadi Capres PAN, Ketum: Itu Bagian Akhir Belum Diputuskan

Klaster ketiga yakni kelompok kepala daerah. Di klaster ini ada lima nama, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan.

Kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Zulkifli menyatakan sembilan nama tersebut baru usulan yang muncul dalam Rakernas PAN. Pihaknya butuh waktu untuk memutuskan figur capres yang bakal diusung. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x