Kompas TV nasional politik

Ganjar, Prabowo hingga Anies Diusulkan Jadi Capres PAN, Ketum: Itu Bagian Akhir Belum Diputuskan

Kompas.tv - 27 Agustus 2022, 22:29 WIB
ganjar-prabowo-hingga-anies-diusulkan-jadi-capres-pan-ketum-itu-bagian-akhir-belum-diputuskan
Tiga nama yang kerap muncul dalam survei calon presiden 2024 seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lebih dari 11 nama calon presiden yang diusulkan 34 DPW dalam Rakernas PAN yang diadakan di di Istora Senayan, Sabtu (27/8/2022).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjelaskan nama-nama Capres yang diusulkan ini akan dibahas bersama dan akan menjadi keputusan partai di penutupan Rakernas. 

Setelah diputuskan bersama, nama capres dari PAN akan dibawa ke Koalisi Indonesia Bersatu.

Baca Juga: PAN Sebut 6 Tokoh Favorit di Rakernas, Nama Bakal Capres akan Diumumkan Malam Ini

Adapun salah satu nama yang diusulkan sebagai Capres PAN di Pemilu 2024 yakni Ketua Umum PAN.

"Iya dong nanti akan kita sampaikan, tapi kan di KIB itu jangan lupa. Tapi soal Pilpres itu chapter terakhir. Jadi (pembahasannya) masih lama," ujar Zulkifli di sela Rakernas PAN, Sabtu (27/8/2022).

Terpisah Waketum PAN, Yandri Susanto menjelaskan ada sejumlah nama yang difavoritkan untuk menjadi Capres dari PAN. Baik dari internal maupun eksternal. 

Seperti Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga: Ketum PAN, Zulkifli Hasan Sebut KIB Masih Buka Peluang Bagi Parpol yang Ingin Bergabung

Kemudian ada juga yang mengusulkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang bagian dari KIB dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang masih membuka koalisi untuk Pilpres 2024.

Namun Yandri mengatakan nama-nama itu masih belum hasil final. Nantinya nama bakal capres yang diusung akan diputuskan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. 

"Rakernas sudah memberikan mandat penuh untuk lakukan peran strategis dinamika yang akan terjadi setelah ini kita selesaikan di ketua umum," ujarnya.

 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x