Kompas TV nasional rumah pemilu

PAN Sebut Jumlah Capres dan Cawapres Tidak Menjamin Pemilu 2024 Lebih Berkualitas

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 20:04 WIB
pan-sebut-jumlah-capres-dan-cawapres-tidak-menjamin-pemilu-2024-lebih-berkualitas
Sekjen PAN Eddy Soeparno menegaskan partainya tidak mempermasalahkan berapa jumlah pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024. (Sumber: KompasTV)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno menegaskan partainya tidak mempermasalahkan berapa jumlah pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024.

Sedangkan mengenai soal capres dari kaum perempuan, menurut dia, tidak ada masalah asalkan tidak menyalahi konstitusi dan merupakan kehendak rakyat.

"Begini, pilpres di Indonesia berdasarkan konstitusi, itu bisa dikontestasikan oleh warga negara Indonesia. Tidak ada disebut warga Indonesia berjenis kelamin laki-laki enggak ada. Jadi, siapa pun, putra/putri terbaik Indonesia boleh berkontestasi dan siapa pun yang bakal memang itu adalah kehendak rakyat," papar Eddy di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PAN di Jakarta, Sabtu (27/8), dikutip dari Antara.

Eddy  juga menyebutkan jumlah Paslon capres-cawapres tidak menjadi tolok ukur Pemilu menjadi lebih berkualitas.

Baca Juga: PAN Sebut 6 Tokoh Favorit di Rakernas, Nama Bakal Capres akan Diumumkan Malam Ini


 

"Kita tentu menghendaki demokrasi ini memberikan alternatif dan pilihan kepada masyarakat tetapi yang lebih penting itu adalah calon-calon, mau dua, mau tiga mau empat mau lima, calon-calon yang maju itu representasikan kehendak masyarakat. Jadi, kami ingin tidak ada perasaan bahwa masyarakat itu diberikan pilihan yang didikte," katanya.
 
Eddy berharap agar Pemilu 2024 menjadi pemilihan yang berkualitas dan tidak memecah belah, tidak menjadikan terpolarisasi lagi seperti pemilu sebelumnya.

"Mau itu tiga atau empat itu bukan menjadi tolak ukur yang terbesar, bukan tolak ukur yang determental, gitu, ya, menentukan, tidak. Akan tetapi, bagaimana kita bisa menghadirkan pemilu berkualitas yang jujur tanpa ada upaya ataupun akibat yang kemudian membelah masyarakat kita. Itu intinya," jelasnya.

"Saya hargai apa yang disampaikan teman-teman PDI Perjuangan karena partai itu sahabat kami, Mas Hasto sahabat saya, sahabat baik saya, jadi saya kembali lagi menegaskan masalah dua tiga atau empat kandidat tidak menjadi masalah yang penting pemilunya berkualitas, tidak memecah belah, intinya itu," tambah Eddy.

Baca Juga: Giliran Eddy Soeparno Dicecar 14 Pertanyaan Terkait Pelaporannya untuk Pengacara Ade Armando


Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x