Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Pemuda di Kota Malang Belajar Menjadi Barista

Kompas.tv - 28 Agustus 2022, 07:00 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Puluhan pemuda baik pria dan wanita mendapatkan pelatihan menjadi seorang barista atau peracik kopi. Pelatihan ini digelar untuk memberikan bekal keterampilan khusus menjadi barista, kepada pelaku UMKM di Kota Malang agar lebih berkembang. 

Pelatihan ketrampilan untuk menjadi seorang peracik kopi ini digelar oleh Balai Pusat Pelatihan Perhotelan(BPLP) Brawijaya Malang bersama Dinas Tenaga Kerja(Disnaker) Kota Malang. 

Pelatihan yang diikuti oleh 50 peserta, digelar untuk membekali pelaku UMKM dengan kemampuan mengenal biji kopi, peralatan serta meracik kopi. Antusiasme yang  tinggi terlihat dari para peserta, saat pemateri menunjukkan cara meracik kopi dengan tepat.

Mira Suhartanti, Manajer Operasional BPLP Brawijaya Malang menjelaskan, peluang untuk menjadi barista maupun bisnis kopi saat ini cukup besar. Seiring dengan pandemi Covid-19 yang mulai terkendali dan banyak bermunculan kedai kopi, maka para peserta yang mengikuti pelatihan diharapkan bisa menjadi seorang enterpreneur muda, di bidang kopi.

"Sasaran dan target umum dan lulusan SMA. Punya kedai UMKM agar mereka menjadi enterpreneur muda di bidang kopi," Terang Mira pada Kompas TV.

Sementara itu, Natasya Giri, salah satu peserta pelatihan menuturkan bahwa kesenangannya pada dunia kopi dan meracik minuman, membuatnya tertarik mengikuti pelatihan ini. Karena baru pertama kali mengikuti pelatihan, Natasya mengaku banyak sekali ilmu yang ia dapat dari pelatihan ini.

"Saya tertarik bikin kedai atau khusunya minuman-minuman gitu," Ujarnya.

Pelatihan yang digelar mulai 5 hari ini akan diakhiri dengan ujian kompetensi dan sertifikasi pada peserta, sehingga peserta yang dinyatakan lulus sebagai barista memiliki legalitas.

#pelatihanbarista #umkmmalang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x