Kompas TV olahraga kompas sport

Kejuaraan Dunia 2022: Gagal ke Final, Ini Kata Fajar/Rian Usai Dikalahkan The Daddies

Kompas.tv - 27 Agustus 2022, 15:30 WIB
kejuaraan-dunia-2022-gagal-ke-final-ini-kata-fajar-rian-usai-dikalahkan-the-daddies
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian (kiri) dan Muhammad Rian Ardianto, saat bertanding melawan Ben Lane dan Sean Vendy dari Inggris dalam Kejuaraan Dunia BWF di Tokyo, Jepang, pada Jumat, 26 Agustus 2022. (Sumber: AP Photo/Shuji Kajiyama)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

TOKYO, KOMPAS.TV - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melenggang ke final Kejuaraan Dunia BWF 2022 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, usai dikalahkan oleh seniornya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pasangan Fajri kalah dengan skor akhir 21-23, 21-12, 16-21 dalam tempo 52 menit.

Sebenarnya mereka sudah unggul cukup jauh ketika skor mencapai 15-7, namun berhasil di susul oleh Ahsan/Hendra dan disamakan menjadi 18-18.

Fajri mengaku membuat kesalahan fatal sehingga mereka terkena comeback maut dari The Daddies tersebut.

"Di gim pertama itu memang kesalahan yang sangat fatal. Kita sudah unggul jauh 15-7 dan 20-18 tapi jadi kalah," ucap Fajar usai pertandingan dikutip dari BolaSport, Sabtu (27/8/2022).

"Itu menjadikan pelajaran yang sangat berharga buat kedepannya. Sebelum poin 21 memang harus fokus dan tidak boleh lengah," imbuhnya.

Baca Juga: FInal Kejuaraan Dunia BWF 2022: The Daddies Ditantang Anak Didik Rexy Maniaky dari Malaysia

Selain itu perubahan strategi Ahsan/Hendra membuat Fajar/Rian semakin kewalahan. Selepas interval gim pertama memang Ahsan/Hendra terlihat menurunkan tempo permainan.

"Ahsan/Hendra mengubah strategi di akhir-akhir gim pertama dengan memperlambat tempo dan bermain balik serang. Di awal gim kita sudah nyaman karena mereka ikut pola kita yang cepat," kata Fajar.

Harapan untuk memperbaiki capaian medali di Kejuaraan Dunia pun akhirnya sirna, Fajar/Rian tidak bisa menyembunyikan kekecewaan mereka.

"Pertama-tama alhamdulillah bersyukur, pertandingannya lancar dan tanpa cedera meskipun apa yang kita impikan belum tercapai untuk masuk babak final," ucap Fajar.


"Tidak puas karena harapan (untuk upgrade medali) itu ada dan kita juga sudah persiapan sebaik mungkin."

"Tapi memang tidak mudah mengalahkan pemain yang sudah berpengalaman di Kejuaraan Dunia apalagi Ahsan/Hendra belum pernah kalah sekalipun kalau main di sini," imbuhnya.

Fajar/Rian mengakui bahwa Ahsan/Hendra memang sangat fokus pada turnamen kali ini meski di usia yang sudah tidak muda lagi.

"Ahsan/Hendra terlihat sangat fokus di turnamen ini. Di lapangan tidak mau kalahnya terasa. Semoga kedepan lebih konsisten. Hasil di sini memang tidak jelek tapi masih kurang bagus," sambung Fajar.

Baca Juga: Perasaan Ahsan/Hendra usai Kalahkan Fajar/Rian di Kejuaraan Dunia BWF 2022: Senang Sekaligus Sedih



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x