Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Viral Nasabah Tak Bisa Setor Tunai Uang Baru, Ini Kata BCA

Kompas.tv - 26 Agustus 2022, 15:31 WIB
viral-nasabah-tak-bisa-setor-tunai-uang-baru-ini-kata-bca
Uang baru tahun emisi 2022 (Sumber: Youtube Bank Indonesia)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang nasabah bank mengaku tidak bisa memasukkan uang kertas baru ke mesin ATM setor tunai. Hal itu dialami oleh pemilik akun TikTok @kangrija, pada Rabu (24/8/2022).

Video ini telah ditonton sekitar 1,3 juta views dan disukai 39.500 dan dikomentari 543 kali.

"Coba setor tunai uang baru di mesin ATM Setor Tunai," tulisnya di video yang ia unggah, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (26/8/2022).

Dalam video, nasabah tersebut awalnya memasukkan sejumlah uang baru 2022 pecahan Rp 100.000 ke dalam mesin ATM setor tunai.

Baca Juga: Penukaran Uang Baru Sudah Mencapai Rp100 Miliar, Ada 3 yang Paling Diminati Masyarakat

Kemudian mesin menutup dan memproses uang tersebut. Namun, mesin ATM menolak dan mencantumkan pesan di layar "Silahkan Ambil Uang Anda".

Uang tersebut kemudian diambil lagi dari mesin.
Muhamad Riza, sang pemilik akun, mengatakan dirinya tidak bisa melakukan setor tunai di ATM BCA Kantor Cabang Pembantu (KCP) Banda, Kota Bandung, Jawa Barat.


 

Ia akhirnya memilih menyetor uang lewat teller, karena tak kunjung bisa setor tunai meski sudah berganti mesin ATM.

"Iya benar, saya masukkan ke rekening via ATM setor tunai tapi tidak bisa. Saya coba pertama enggak bisa, nah yang saya video kan ini yang kedua kalinya, tetap enggak bisa," katanya kepada Kompas.com.

Baca Juga: Hoaks Cetakan Uang Baru 1 Juta Rupiah Tahun 2022 - NEWS OR HOAX

"Enggak coba mesin yang lain. Di komen (video TikTok) bilang ada yang sudah bisa, tapi saya kemarin coba belum bisa. Mungkin pas mesinnya belum di-update," katanya.

Sementara itu, pihak BCA menyatakan masih mempersiapkan infrastruktur mesin ATM untuk dapat menerima uang pecahan baru.

"Kami akan segera menyampaikan ke masyarakat apabila uang baru rupiah sudah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh nasabah," tutur Executive Vice President Secretariat and Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn.

"Besar harapan kami, proses ini dapat segera selesai dan dapat memberikan layanan terbaik sejalan dengan visi BCA yang senantiasa memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah," ujarnya.

Baca Juga: Warga Antre Tukar Uang Baru Emisi 2022

BCA juga terus berkoordinasi secara berkelanjutan dengan regulator perbankan terkait penyebaran pecahan uang kertas baru tahun 2022.

BI memang baru mendistribusikan uang pecahan baru kepada perbankan pada Senin (22/8) lalu. Sehingga, ketersediaan uang baru di bank serta kesiapan mesin ATM nya, tergantung pada masing-masing bank.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x