Kompas TV video sinau

Kamu Sering Mimpi Buruk? Coba Ini 5 Cara Agar Mimpi Selalu Indah Setiap Malam

Jumat, 26 Agustus 2022 | 16:30 WIB

Penulis : Arief Rahman

SOLO, KOMPAS.TV - Bermimpi ketika tidur merupakan hal yang alamiah dan manusiawi. Pada dasarnya semua orang mengalami mimpi. Tak jarang kita mencari cara agar mimpi selalu indah setiap malam.

Keadaan bermimpi terjadi pada fase REM (Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur dimana terjadi pergerakan mata yang cepat.

Mimpi sendiri merupakan salah satu cara tubuh memproses stimuli dari pengalaman sehari-hari. Sehingga hal ini tentu juga dipengaruhi oleh tingkat stres dan kualitas tidur kita.

Tidak ada jaminan agar kita bisa selalu bermimpi indah, namun beberapa tips berikut bisa kamu coba agar kualitas tidurmu meningkat sehingga memiliki kemungkinan untuk bermimpi indah, dilansir dari Indonesia Tatler.

  1. Tidur Cukup dan Berkualitas

    Tidur 7-8 jam merupakan jumlah yang ideal untuk dilakukan tiap hari. Agar lebih nyaman, coba buat rutinitas tidur di waktu yang sama tiap harinya agar tubuh terbiasa.

    Jika memungkinkan atur suhu ruangan agar tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

  2. Waktu Olahraga yang Tepat

    Olahraga rutin di pagi atau sore hari dapat membuat tubuh lebih cepat tidur di malam hari.

    Namun hindari olahraga pada malam hari dan terlalu dekat dengan jam tidur, karena dapat memacu adrenalin yang justru membuat kesulitan tidur.

  3. Ciptakan Zona Tidur Nyaman

    Bersihkan kamar secara teratur serta matikan gadget dan barang elektronik lainnya menjelang tidur.

    Jika ruang kerjamu di dalam kamar, maka buatlah sekat agar vibe kerja tidak terasa ketika hendak tidur.

  4. Santaikan Diri Sebelum Tidur

    Rutinitas harian kadang bisa menimbulkan stres. Sebaiknya lakukan ritual yang membuat tubuh lebih tenang. Seperti meditasi, membaca buku favorit, menyalakan lilin aromatherapy, dan sebagainya.

    Hindari olahraga berat, makan, ataupun bermain gadget pada saat menjelang tidur.

     

    Baca Juga: Selalu Rapikan Tempat Tidur Anda di Pagi Hari dan Rasakan Manfaatnya

     

  5. Buatlah Jurnal Mimpi

    Setelah terbangun catat mimpi dan perasaan ketika bermimpi yang kamu ingat.

    Latihan ini dapat membantu kita untuk menyadari apa yang ada dalam alam bawah sadar, sekaligus meredam pikiran negatif sehingga terhindar dari stres berkepanjangan.




 


Sumber : Indonesia Tatler

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x