Kompas TV internasional kompas dunia

Eks Dubes Inggris untuk Myanmar Ditangkap Junta Militer, Dianggap Langgar UU Imigrasi

Kompas.tv - 26 Agustus 2022, 13:17 WIB
eks-dubes-inggris-untuk-myanmar-ditangkap-junta-militer-dianggap-langgar-uu-imigrasi
Mantan Dubes Inggris untuk Myanmar, Vicky Bowman, dan suaminya, U Htein Lin. Bowman ditangkap oleh junta militer Myanmar setelah dianggap melanggar UU Imigrasi. (Sumber: Sky News)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

NAYPYIDAWA, KOMPAS.TV - Mantan Duta Besar Inggris untuk Myanmar secara mengejutkan ditangkap oleh junta militer Myanmar, Rabu (23/8/2022).

Berdasarkan pernyataan Kementerian Informasi Myanmar, Bowman dan suaminya, Htein Lin, artis Myanmar dan mantan tahanan politik, ditangkap karena pelanggaran Undang-Undang (UU) Imigrasi.

Pada pernyataan tersebut, pasangan itu dianggap melanggar UU Imigrasi karena pindah dari tempat yang diizinkan untuk mereka tinggali.

“U Htein Lin (artis) dan istrinya Bowman Victoria Jane, yang tinggal di Perumahan Pan Hlaing di Sanchaung, Wilayah Yangon, dituduh melanggar Bagian 13(1) dan 13(5), UU Imigrasi Myanmar 1947,” bunyi pernyataan Kementerian Informasi Myanmar dikutip dari Sky News, Jumat (26/8/2022).

Baca Juga: Kelompok Etnis Rohingya Peringati 5 Tahun Terusir dari Kampung Halaman di Myanmar ke Bangladesh

“Visanya berlaku dari 21 Oktober 2021 hingga 22 Oktober 2022. Untuk tinggal di perumahan Pan Hlaing, ia harus terdaftar di bawah Form (a) bagian 3 dari Peraturan Pedaftaran Warga Asing 1948,” ujarnya.

Namun, dalam pernyataan itu, Bowman dan U Hteit Lin sudah tidak tinggal di kediaman yang terdaftar sejak 4 Mei 2021 hingga 10 Agustus 2022.

Mereka malah pindah dan tinggal di rumah U Htein Lin di Kalaw, Negara Bagian Shan.

Kementerian Informasi meyakini bahwa Lin telah mendukung istrinya untuk melanggar hukum.



Sumber : Sky News

BERITA LAINNYA



Close Ads x