Kompas TV regional berita daerah

Pemilik Jasa Sewa Busana Adat Daerah Raup Untung di Musim Karnaval Agustusan

Kompas.tv - 26 Agustus 2022, 09:06 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemilik jasa sewa busana adat daerah di Kabupaten Jember Jawa Timur meraup untung di bulan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini. Pasalnya banyak karnaval digelar mulai tingkat desa kecamatan hingga kabupaten. Dampaknya, jumlah pengguna jasa meningkat lima kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Salah satu pemilik jasa sewa busana adat daerah yang ketimbang untung adalah Ira Esthie, warga Jalan Basuki Rahmat Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Setiap harinya di bulan agustus, puluhan orang datang ke rumahnya untuk menyewa busana daerah lengkap dengan aksesorisnya.

Setiap harinya, lebih dari 30 pasangan busana daerah disewa untuk acara karnaval. Busana yang paling laris disewa adalah busana papua, sumatera, aceh dan madura. Ukuran busana lengkap mulai dari ukuran anak anak hingga dewasa. Biaya sewa pun bervariasi antara 50 ribu hingga 150 ribu rupiah per hari.

Pemilik jasa juga memberikan tata cara memakai busana adat agar pelanggan tidak salah memakai busana dan aksesorisnya.

Bagi penyewa busana harus berhati-hati selama menggunakan busana sewaan, karena jika ada kerusakan akan dikenakan ganti rugi.

#SewaBusanaAdat #MusimKarnaval #KarnavalAgustusan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x