Kompas TV religi beranda islami

Inilah Dosa Membunuh dalam Islam, Ancamannya Neraka Jahanam dan Kekal di dalamnya

Kompas.tv - 26 Agustus 2022, 07:02 WIB
inilah-dosa-membunuh-dalam-islam-ancamannya-neraka-jahanam-dan-kekal-di-dalamnya
Ilustrasi pembunuhan. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Tidak ada satupun agama di dunia ini membolehkan membunuh sesama manusia, termasuk dalam agama Islam yang begitu keras mengutuk perbuatan keji tersebut.

Sebab tujuan agama adalah untuk perdamaian dan kasih sayang.  Begitu pula dengan doktrin agama Islam, sejak awal penurunannya sudah ditegaskan bahwa Islam mengemban visi kerahmatan.

Maka dari itu, jika bila ada sekelompok orang melakukan kejahatan dengan membunuh misalnya, bisa dipastikan hal itu bertentangan dengan Islam,

Firman Allah SWT dalam al-Qur’an juga terang benderang soal larangan membunuh ini, termaktub dalam QS Al-Maidah ayat 32.

 “Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya” (QS: Al-Maidah: 32).

Membunuh satu orang manusia ditamsilkan dengan membunuh semua manusia. Karena setiap manusia pasti memiliki keluarga, keturunan, dan ia merupakan anggota dari masyarakat.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau bersabda: “Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” Mereka (para sahabat) bertanya, “Wahai Rasûlullâh, apakah itu?”

Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Syirik kepada Allâh, sihir, membunuh jiwa yang Allâh haramkan kecuali dengan haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang yang berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina”. [HR al-Bukhâri, no. 2615, 6465; Muslim, no. 89].

Selain itu, ada dosa besar bagi yang membunuh dalam islam. 

"Dan barang siapa membunuh seorang yang beriman dengan sengaja, maka balasannya ialah neraka Jahanam, dia kekal di dalamnya. Allah murka kepadanya, dan melaknatnya serta menyediakan azab yang besar baginya." (QS An-Nisa' : 93).

Baca Juga: Doa Nabi Muhammad, Perbanyak Baca saat Isra Miraj agar Umur Dipanjangkan Allah SWT

Tafsir QS Al-Maidah ayat 32 dan QS An-Nisa 93



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x