Kompas TV bisnis bumn

Garuda Operasikan 120 Pesawat Akhir Tahun Ini, Erick Thohir Jamin Tak Ada Korupsi

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 10:54 WIB
garuda-operasikan-120-pesawat-akhir-tahun-ini-erick-thohir-jamin-tak-ada-korupsi
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: Instagram @garuda.indonesia )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, Garuda dan Citilink akan mengoperasikan 120 pesawat hingga akhir tahun ini. Ia pun menjamin tidak ada praktik korupsi dalam penetapan harga sewa pesawat tersebut.

Garuda juga sudah menerapkan Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik, setelah lolos dari pailit.

"Setelah restrukturisasi PKPU, Garuda akan menerapkan GCG sehingga tata kelola dijalankan secara profesional. Hal ini akan menambah kepercayaan kepada Garuda sehingga dapat menambah jumlah pesawat Garuda dan Citilink menjadi 120 hingga akhir tahun 2022 dari saat ini yang hanya 61," tutur Erick dikutip dari akun Instagram pribadinya, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga: Kata Menhub agar Dapat Tiket Pesawat Murah: Naiknya Siang dan Hari Kerja

"Kami pastikan harga sewa untuk penambahan pesawat, sesuai dengan harga pasar dan tidak ada praktek korupsi seperti sebelumnya," tambahnya.

Sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengesahkan perjanjian damai antara Garuda dengan para kreditur nya. Sehingga BUMN itu bisa menyelesaikan kewajibannya dengan cara mencicil utang hingga mengonversinya dengan saya.

Adapun penambahan pesawat Garuda bisa dilakukan setelah pemerintah menyetujui memberikan tambahan modal sebesar Rp7,5 triliun, lewat Penyertaan Modal Negara (PMN).

Selain itu, Erick menyebut 2 maskapai itu tengah berupaya menurunkan harga tiket pesawat.

Baca Juga: Panggil Maskapai Siang Ini, Menhub Sebut Garuda dan Citilink Akan Turunkan Harga Tiket

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden @jokowi, kami bekerja keras untuk menurunkan harga tiket pesawat dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo sebelumnya meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk segera mengendalikan harga tiket pesawat. Pasalnya, harga tiket pesawat saat ini sedang naik dan bisa membuat inflasi melambung.

Hal itu ia sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Harga Telur di Jakarta Tembus Rp35.000, Merauke Rp54.000, Mendag: Karena Afkir Dini dan Bansos

“Harga tiket pesawat melambung, sudah saya langsung reaksi, Pak Menteri Perhubungan segera selesaikan,” kata Jokowi seperti dikutip dari Antara.

Jokowi juga memerintahkan Garuda Indonesia segera menambah armada pesawatnya, agar bisa membantu menahan kenaikan harga tiket pesawat.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.