Kompas TV internasional kompas dunia

WHO: Kematian Karena COVID-19 Turun 15% Hampir di Seluruh Dunia, Banyak Negara Kurangi Pengawasan

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 06:57 WIB
who-kematian-karena-covid-19-turun-15-hampir-di-seluruh-dunia-banyak-negara-kurangi-pengawasan
Seorang anak laki-laki berbicara dengan ibunya dari smartphone saat hari pertama pembukaan sekolah di Sekolah Dasar San Juan di metro Manila, Filipina pada Senin, 22 Agustus 2022. Pada Rabu (24/8/2022), WHO menyatakan kasus COVID-19 dan kematian karena COVID-19 menurun hampir di seluruh dunia. (Sumber: Foto AP/Aaron Favila)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

JENEWA, KOMPAS.TV — Jumlah kematian akibat virus corona yang dilaporkan di seluruh dunia turun 15 persen dalam sepekan terakhir, sedangkan infeksi baru juga turun sebesar 9 persen. Hal ini diungkapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), Rabu (24/8/2022).

Dalam penilaian mingguan terbaru dari pandemi COVID-19, badan kesehatan AS mengatakan ada 5,3 juta kasus baru dan lebih dari 14.000 kematian dilaporkan pekan lalu. Seperti dikutip dari The Associated Press, WHO mengatakan jumlah infeksi baru menurun di setiap wilayah dunia kecuali di Pasifik Barat.

Kematian melonjak lebih dari 183 persen di Afrika tetapi turun hampir sepertiga di Eropa dan 15 persen di Amerika. Namun, WHO memperingatkan bahwa jumlah kasus COVID-19 kemungkinan sangat diremehkan karena banyak negara telah mengurangi pengujian dan pengawasan mereka untuk memantau virus. Hal ini berarti ada lebih sedikit kasus yang terdeteksi, dibandingkan kenyataan yang terjadi.

Baca Juga: Kembali Meningkat, Ini Sebaran 5.428 Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Rabu 24 Agustus 2022

WHO mengatakan varian COVID-19 yang dominan di seluruh dunia adalah subvarian omicron BA.5, yang menyumbang lebih dari 70 persen urutan virus yang dibagikan dengan basis data virus publik terbesar di dunia. Varian Omicron menyumbang 99 persen dari semua urutan yang dilaporkan pada bulan lalu.

Awal pekan ini, Pfizer meminta regulator A.S. untuk mengesahkan kombinasi vaksin COVID-19 yang menambahkan perlindungan terhadap kerabat omicron terbaru, yaitu BA.4 dan BA.5. Tindakan ini merupakan langkah kunci menuju musim gugur.

Food and Drug Administration (FDA) telah memerintahkan pembuat vaksin untuk mengubah formula vaksin mereka mereka untuk menargetkan varian BA.4 dan BA.5. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekebalan dari vaksinasi atau infeksi sebelumnya.

Sementara itu, di Inggris, regulator mengesahkan versi vaksin COVID-19 yang diperbarui dari Moderna pada minggu lalu. Formula vaksin baru ini mencakup perlindungan terhadap subvarian BA.1 omicron sebelumnya. Pejabat Inggris akan menawarkannya formula baru ini kepada orang berusia 50 tahun ke atas mulai bulan depan.

Baca Juga: Presiden Minta Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di Bawah 6 Tahun, Menkes: Sedang Kami Jajaki

Di Jerman, Kanselir Olaf Scholz menyetujui undang-undang yang memastikan langkah-langkah perlindungan dasar terhadap pandemi virus corona dilanjutkan selama musim gugur dan musim dingin. Pada musim gugur dan dingin diperkirakan akan lebih banyak kasus virus corona yang akan terjadi.

Sementara itu, di Filipina, jutaan siswa yang mengenakan masker kembali ke sekolah dasar dan menengah di seluruh negeri pada hari Senin untuk kelas tatap muka pertama mereka setelah dua tahun penguncian virus corona.

Para pejabat telah bergulat dengan masalah yang menakutkan, termasuk kekurangan ruang kelas, ketakutan COVID-19 yang masih ada, badai yang mendekat dan gedung sekolah yang rusak akibat gempa di utara negara itu, untuk menyambut kembali hampir 28 juta siswa yang mendaftar untuk tahun ajaran baru.
 



Sumber : The Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x