Kompas TV olahraga kompas sport

Zinchenko Bangga Liga Ukraina Bisa Kembali Bergulir

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 00:35 WIB
zinchenko-bangga-liga-ukraina-bisa-kembali-bergulir
Oleksandr Zinchenko sangat bangga Liga Ukraina bisa kembali bergulir di tengah perang dengan Rusia yang masih berkecamuk. (Sumber: Arsenal.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Oleksandr Zinchenko mengaku sangat bangga bisa melihat Liga Ukraina bisa kembali bergulir di tengah perang dengan Rusia yang masih berkecamuk. 

Liga Premier Ukraina musim 2022/2023 resmi dihelat pada Selasa (23/8/2022) kemarin, yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Ukraina, dengan pertandingan pembuka antara Shakhtar Donetsk vs Metalist 1925 Kharkiv. 

Meski kompetisi hanya akan berlangsung terpusat di bagian barat negara tersebut - Kiev dan sekitarnya - dengan kondisi yang terbatas, Zinchenko menilai momen bergulirnya Liga Ukraina merupakan titik penting bagi olahraga di negaranya. 


Kapten Timnas Ukraina itu yakin, kembali bergulirnya kompetisi bisa meningkatkan moral di negara yang telah menunjukkan kekuatan luar biasa dalam menghadapi kengerian akibat perang. 

“Ini penting bagi negara dan semua orang Ukraina karena tidak ada yang siap untuk situasi ini. Orang-orang masih menderita dan kami harus berjuang setiap hari di mana-mana, tetapi kami harus terus berjalan, menjalani hidup kami, dan melanjutkan," kata Zinchenko dikutip dari laman resmi Arsenal, Rabu (24/8/2022). 

“Orang-orang pantas mendapatkan kehidupan yang mereka miliki sebelumnya. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada federasi Ukraina, dan presiden Zelensky yang mengatakan bahwa kami perlu memainkan kompetisi kami di Ukraina."

Baca Juga: Liga Ukraina Digelar Lagi di Tengah Invasi Rusia, "Buktikan Perang Tidak Hentikan Kita"

"Saya tahu itu tidak akan menggunakan fasilitas terbaik tetapi kami harus terus maju dan itu adalah hal terpenting bagi semua warga Ukraina. Saya tidak sabar dan saya akan menonton semua pertandingan jika memungkinkan," ujarnya. 

Lebih lanjut, Zinchenko mengatakan bahwa dia sangat menaruh rasa hormat kepada pemain yang mau bermain dan memberi hiburan bagi rakyat Ukraina di tengah situasi yang masih belum menentu. 

"Sulit bagi saya untuk membayangkan bagaimana jadinya," lanjutnya. 

“Mungkin ada sirene dan para pemain harus berhenti di beberapa titik, tetapi sangat penting untuk menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa orang-orang Ukraina tidak menyerah, dan dalam situasi apa pun, merekabteyap melanjutkan. Ini semua tentang orang-orang kita," ucap mantan pemain Manchester City itu. 

Zinchenko yang baru bergabung dengan Arsenal di musim panas ini juga takjub dengan dukungan yang dia dapat selama di London Utara. 

Pemain berusia 25 itu lantas mengucapkan banyak terima kasih kepada setiap orang yang sudah dengan tulus memberikan dukungan kepada negaranya. 

"Ini luar biasa," kata dia. “Saya harus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya lagi. Saya sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari semua orang, dan saya mencintai mereka.”

Baca Juga: Tangis Zinchenko Minta Perang Rusia Ukraina Berakhir: Hari ini Ukraina, Besok Bisa Jadi..

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x