Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Detik-Detik Serangan Rusia ke PLTN Chernobyl Ternyata Terekam Kamera, Berikut Pengakuan Si Perekam

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 01:05 WIB
detik-detik-serangan-rusia-ke-pltn-chernobyl-ternyata-terekam-kamera-berikut-pengakuan-si-perekam
Tangkapan layar video dari kamera yang dipasang di sekitar PLTN Chernobyl ini menunjukkan pergerakan militer Rusia menuju Zona Eksklusi Chernobyl, 25 Februari 2022, hari kedua invasi Rusia ke Ukraina. (Sumber: Yaroslav Yemelianenko/Chernobyl Tour via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Detik-detik gerak pasukan Rusia menyerbu Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) non-aktif Chernobyl pada hari-hari awal invasi ternyata terekam kamera. Invasi Rusia terekam oleh kamera surveilans inisiator paket wisata Chernobyl Tour, Yaroslav Yemelianenko.

Yemelianenko menanam kamera baterai di sebuah pos pemeriksaan dekat PLTN Chernobyl berbulan-bulan sebelum Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari silam.

Pada pagi tanggal 24 Februari, saat berada di apartemennya di ibu kota Kiev, Yemelianenko terkejut menyaksikan puluhan tank dan kendaraan tempur Rusia bergerak dari arah Zona Eksklusi Chernobyl menuju arah ibu kota Kiev.

“Dalam waktu dua jam, kami melihat perlengkapan (militer) Rusia berjumlah sangat besar di kamera,” kata Yemelianenko dikutip Associated Press.

Tangkapan layar video dari kamera yang dipasang di sekitar PLTN Chernobyl ini menunjukkan konvoi militer Rusia menuju Zona Eksklusi Chernobyl, pagi hari 24 Februari 2022, hari dimulainya invasi Rusia. (Sumber: Yaroslav Yemelianenko/Chernobyl Tour via AP)

Yemelianenko merekam area sekitar PLTN Chernobyl untuk keperluan paket wisata Chernobyl Tour, demi menunjukkan “zona eksklusi” Chernobyl kepada wisatawan.

Usai sadar negaranya diinvasi Rusia, Yemelianenko segera menyerahkan askes videonya ke pemerintah Ukraina. Baterai kameranya di Chernobyl bertahan selama beberapa hari.

Baca Juga: Sekutu Putin Tuduh Ukraina dan Barat Ingin Sabotase PLTN Terbesar Eropa, Ciptakan Chernobyl Jilid 2

Yemelianenko dan koleganya mengaku memonitor kamera dan mentransmisikan data ke Angkatan Bersenjata Ukraina tiap 10 hingga 15 menit.

“Secara psikologis, itu sulit. Di satu sisi, kami membaca berita yang meyakinkan bahwa tidak ada orang (Rusia) yang akan memasuki Kiev. Pada saat bersamaan, kami terus menghitung jumlah perlengkapan militer Rusia,” kata Yemelianenko.


Militer Rusia terus menggerakkan perlengkapan militer, sementara Yemelianenko terus mengawasi. Unit-unit tank beserta truk yang membawa tentara dan perlengkapan komunikasi mengantre di sepanjang jalan yang diawasi.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x