Kompas TV entertainment lifestyle

Berkaca dari Eko Patrio, Ini Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Terjebak di Lift

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 22:05 WIB
berkaca-dari-eko-patrio-ini-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-terjebak-di-lift
Ilustrasi terjebak di lift. (Sumber: Unsplash/Derrick Treadwell)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengalaman yang cukup mengerikan dialami oleh komedian Eko Patrio yang terjebak di lift anjlok dari lantai 18 sampai lantai 15.

Dari video yang dibagikan di akun Instagramnya, Eko Patrio mengunggah videonya sendiri terjebak di lift. Dia sudah menghubungi petugas lift lewat tombol emergency.

“Kekunci di lift, nggak bisa, belum jalan. Udah leyeh-leyeh, dah duduk. Baju udah disangkutin di situ, lihat tuh,” kata Eko Patrio dalam video tersebut.

Baca Juga: Lift yang Dinaikinya Anjlok dari Lantai 18 ke 5, Eko Patrio: Kayak Apa Itu Coba Rasanya

"Untung bawa makanan, makan aja dulu. Jangan panik, jangan panik, bismillah," sambungnya.

Beruntung, tak lama kemudian, petugas datang dan mengeluarkan Eko Patrio dari lift tersebut.

Berkaca dari pengalaman Eko Patrio, insiden terjebak di lift bisa dialami oleh siapa saja. Mengingat, kebanyakan bangunan tinggi di Indonesia menggunakan lift.

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat terjebak di dalam lift. Mengutip Lift Consultants, berikut penjelasannya.

1. Jangan panik

Saat Anda menyadari bahwa Anda terjebak di dalam lift, rasa panik biasanya datang menyerang. Namun, rasa panik ini harus dikontrol agar Anda dapat tetap tenang dan mengambil keputusan dengan pikiran yang jernih. Jika Anda bersama orang lain, buat orang lain untuk merasa bahwa mereka akan aman. 


2. Jangan mencoba keluar secara paksa

Terjebak di lift merupakan situasi yang membuat stres. Anda mungkin berpikir untuk membuka pintu lift secara paksa untuk mengevakuasi diri.

Sayangnya, hal ini tidak disarankan. Lift mungkin berhenti di antara lantai yang memiliki celah besar. Mencoba meninggalkan lift dalam kondisi tersebut dapat mengakibatkan risiko jatuh dan menyebabkan cedera serius.

Baca Juga: Bukan Karena Udik, Pusing Saat Naik Lift Gara-Gara Ini

Itulah dua hal yang tidak boleh dilakukan saat terjebak di lift. Selain itu, Anda juga perlu menghubungi petugas atau nomor darurat.

Nomor petugas yang menangani situasi darurat ini biasanya tersedia di dalam lift. Beberapa lift biasanya juga sudah dilengkapi perangkat komunikasi darurat atau dialer otomatis. Jelaskan situasi Anda, termasuk ID lift, nomor, atau nomor lantai dalam bangunan.

Sembari menunggu bantuan tiba, ingatlah bahwa Anda aman. Pasalnya, perusahaan lift merancang kotak besi ini untuk memastikan penumpang selalu aman di dalam.



Sumber : Kompas TV, Lift Consultant

BERITA LAINNYA



Close Ads x