Kompas TV internasional kompas dunia

Tidak Sengaja Luncurkan Rudal Jelajah ke Pakistan, Pelakunya Resmi Dipecat Militer India

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 22:10 WIB
tidak-sengaja-luncurkan-rudal-jelajah-ke-pakistan-pelakunya-resmi-dipecat-militer-india
Sistem rudal Akash milik India pada parade Hari Republik India ke-73 di New Delhi. India tidak sengaja menembakkan rudal ke Pakistan, kata New Delhi hari Jumat (11/3/2022), tidak ada korban, namun Pakistan protes keras dan menuding India tidak punya perasaan. (Sumber: Breaking Times Pakistan)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Angkatan Udara India hari Selasa (23/8/2022) menyatakan pemerintah memecat tiga perwira karena secara tidak sengaja menembakkan rudal ke Pakistan pada bulan Maret lalu, sebuah insiden yang ditangani dengan tenang oleh kedua rival bersenjata nuklir tersebut karena tidak ada korban jiwa, seperti laporan Straits Times, Selasa (23/8/2022)

Pakar militer di masa lalu telah memperingatkan risiko kecelakaan atau salah perhitungan oleh tetangga, yang sudah tiga kali saling berperang dan terlibat dalam banyak bentrokan bersenjata yang lebih kecil, biasanya di wilayah Kashmir yang disengketakan.

Rudal BrahMos, rudal jelajah serangan darat berkemampuan nuklir yang dikembangkan bersama oleh Rusia dan India, ditembakkan pada 9 Maret, mendorong Pakistan menuding India tidak punya perasaan dan menuntut jawaban dari New Delhi tentang mekanisme keamanan yang ada untuk mencegah peluncuran yang tidak disengaja.

"Pengadilan Penyelidikan, yang dibentuk untuk menetapkan fakta-fakta kasus, termasuk menetapkan tanggung jawab atas insiden tersebut, menemukan bahwa penyimpangan dari Prosedur Operasi Standar oleh tiga petugas menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja," kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan. penyataan.

Dikatakan pemerintah India telah memecat tiga petugas dengan segera pada hari Selasa, (23/8/2022).

Menurut Asosiasi Kontrol Senjata yang berbasis di AS, jangkauan rudal BrahMos adalah antara 300 km dan 500 km, sehingga mampu menghantam ibu kota Pakistan, Islamabad dari landasan peluncuran India utara.

Baca Juga: Tidak Sengaja Tembakkan Rudal ke Pakistan, India Dituding Tidak Punya Perasaan

Peta lintasan rudal India yang tidak sengaja ditembakkan ke Pakistan, kata New Delhi hari Jumat (11/3/2022). Tidak ada korban, namun Pakistan protes keras dan menuding India tidak punya perasaan. (Sumber: Dawn Pakistan)

Militer India secara tidak sengaja menembakkan rudal ke negara tetangga Pakistan, seperti dilaporkan Straits Times, Jumat (11/3/2022) lalu.

Militer Pakistan saat itu mengatakan sebuah benda terbang berkecepatan tinggi jatuh di dekat kota timur Mian Channu dan jalur penerbangannya membahayakan penerbangan penumpang sipil, seperti dilansir BBC, Jumat (11/3/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan India mengatakan, "Pada 9 Maret 2022, dalam pemeliharaan rutin, kerusakan teknis menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja. Pemerintah India menganggap serius dan memerintahkan penyelidikan hukum tingkat tinggi."

Islamabad memperingatkan Delhi untuk mewaspadai konsekuensi yang tidak menyenangkan dari kelalaian semacam itu dan untuk menghindari hal itu kembali terjadi. Objek itu diluncurkan dari Sirsa di negara bagian Haryana, kata Islamabad.

Angkatan udara Pakistan mengatakan rudal itu melaju dengan kecepatan 3 Mach - tiga kali kecepatan suara - pada ketinggian 12.000 m (40.000 kaki) dan terbang 124 km di wilayah udara Pakistan sebelum jatuh.

Kementerian Luar Negeri Pakistan saat itu langsung memanggil kuasa usaha India di Islamabad dan menyampaikan "protes keras".

"Peluncuran yang tidak hati-hati sudah merusak properti di darat dan membahayakan nyawa warga sipil dan pesawat di wilayah udara Pakistan," kata Kementerian Luar Negeri Pakistan saat itu, seraya menuduh, "India tidak punya perasaan bagi perdamaian dan stabilitas regional." .



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x