Kompas TV nasional pro kontra

Jaringan Moderat: Internal Criminal Justice System Polri Jangan di Bawah Satu Lembaga Superior

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 19:55 WIB
jaringan-moderat-internal-criminal-justice-system-polri-jangan-di-bawah-satu-lembaga-superior
Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, Islah Bahrawi berharap agar internal criminal justice system di tubuh Polri tidak di bawah satu lembaga superior. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia, Islah Bahrawi menilai, beberapa badan di tubuh Polri harus dirampingkan, agar internal criminal justice system di tubuh Polri tidak di bawah satu lembaga superior.

Pernyataan Islah tersebut disampaikan menanggapi adanya 83 personel Polri yang sedang diperiksa terkait dugaan keterlibatan dalam kasus penembakan Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Menurut Islah, dari 83 personel tersebut, tidak seluruhnya datang ketempat kejadian perkara (TKP). Oleh sebab itu, tidak adil atau tidak fair jika memukul rata keterlibatan mereka.

“Saya kira tidak fair ya, kalau kemudian memukul rata tingkat keterlibatan mereka, seolah-olah yang 83 ini pelaku obstraction of justice semua,” tuturnya dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Selasa (23/8/2022).

Menurutnya, tingkat keterlibatan mereka berbeda, bahkan ada beberapa dari 83 orang ini yang tidak datang ke TKP sekali pun.

“Artinya mereka ini kan di situ ada psikohirarki. Yang perlu diketahui adalah pada saat itu Ferdy Sambo masih menjabat, belum dinonaktifkan, keterlibatan mereka itu kan masih di tataran itu.”

Baca Juga: Kapolres Jaksel Hingga Kombes Leonardo Dimutasi ke Yanma Polri Imbas Skenario Sambo

“Artinya gini, kalau saya lebih fokus bukan pada proses amputasi, proses pidana dan kode etik,” imbuhnya.

Seharusnya, lanjut dia, kita fokus pada upaya restrukturisasi, agar tidak ada mabes dalam mabes.

Oleh sebab itu, ia menyebut harus ada beberapa badan di tubuh Polri yang harus dirampingkan, sehingga internal criminal justice system yang ada di dalam Polri tidak di bawah satu lembaga superior.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.