Kompas TV internasional kompas dunia

Remaja Belgia 17 Tahun Sedikit Lagi Pecahkan Rekor Terbang Keliling Dunia Termuda dan Sendirian

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 22:05 WIB
remaja-belgia-17-tahun-sedikit-lagi-pecahkan-rekor-terbang-keliling-dunia-termuda-dan-sendirian
Pilot berusia 17 tahun, Mack Rutherford, segera pecahkan rekor dunia pilot termuda yang terbang keliling dunia sendirian (Sumber: AP Photo/Virginia Mayo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

CHARLEROI, KOMPAS.TV — Seorang pilot remaja Belgia-Inggris sedikit lagi akan menjadi orang termuda di dunia yang terbang keliling dunia sendirian dengan pesawat kecil, seperti laporan Associated Press, Selasa (23/8/2022).

Saat ini ia mendarat di Belgia selatan menjelang perjalanan terakhir dari pengembaraan globalnya.

Mack Rutherford, yang berusia 17 tahun selama perjalanan, mendarat di Buzet Airstrip dekat kota Charleroi, tempat ia awalnya belajar terbang. Dia akan mendarat di Bulgaria pada Rabu (24/8/2022).

Tujuan Mack satu, yakni menggantikan Travis Ludlow dari Inggris, yang berusia 18 tahun ketika ia membuat rekor yang sama tahun 2021.

Rutherford menerbangkan Shark, salah satu pesawat ultralight tercepat di dunia dengan kecepatan jelajah mencapai 300 km per jam, yang dirancang khusus untuk perjalanan jauh.

Pesawat itu biasanya memiliki dua tempat duduk, tetapi tangki bahan bakar tambahan dipasang di sebelah pilot dalam perjalanan ini.

Ini adalah jenis pesawat yang sama yang digunakan oleh saudara perempuannya yang berusia 19 tahun, Zara Rutherford, ketika dia memecahkan rekor dunia pada 20 Januari untuk perempuan termuda pertama yang terbang solo keliling dunia.

Perjalanan sendirian Mack, yang dimulai pada 23 Maret, membawanya melewati 52 negara di lima benua.

Baca Juga: Pilot Wanita Termuda Bersiap Memecahkan Rekor Keliling Dunia Terbang Solo

Pilot berusia 17 tahun, Mack Rutherford, segera pecahkan rekor dunia sebagai pilot termuda yang terbang keliling dunia sendirian (Sumber: AP Photo/Virginia Mayo)


Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x