Kompas TV nasional kesehatan

Pasien Pertama Cacar Monyet Warga Jakarta, Dinkes DKI Temukan 3 Kontak Erat

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 18:27 WIB
pasien-pertama-cacar-monyet-warga-jakarta-dinkes-dki-temukan-3-kontak-erat
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (14/6/2021). (Sumber: KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta telah melakukan penelusuran atau tracing kontak erat pasien cacar monyet atau monkeypox pertama yang terkonfirmasi di Indonesia.

Pasien pertama cacar monyet di Indonesia ini adalah seorang pria asal Jakarta, berusia 27 tahun dan memiliki riwayat perjalanan luar negeri. 

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan, sejauh ini hasil penelusuran menemukan tiga orang yang melakukan kontak erat dengan pasien. 

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Cacar Monyet, Waspada Ketika Tubuh Mulai Alami Gejala Ini

Menurut Widyastuti, ketiga kontak erat pasien tersebut dalam kondisi baik dan tidak mempunyai keluhan kesehatan. Seluruh pasien maupun pihak yang melakukan kontak erat kini melaksanakan isolasi mandiri di rumah.

"Ini sebagai bagian dari upaya menemukan kasus sedini mungkin, agar dapat dilakukan pemutusan rantai penularan dengan segera," ujar Widyastuti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/8/2022).

Widyastuti menambahkan, petugas terus menelusuri pihak lain yang melakukan kontak erat. Selain itu petugas juga memantau perkembangan pasien cacar monyet yang kini menjalani isolasi mandiri.

"Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik," ujar Widyastuti.

Baca Juga: Menkes Sebut Orang Kelahiran 1980 ke Bawah Terproteksi dari Cacar Monyet, Ini Penjelasannya

Adapun kasus cacar monyet di dunia mulai mengalami peningkatan. Kasus terkonfirmasi cacar monyet tercatat sudah ditemukan di 89 negara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet sebagai penyakit yang dapat menjadi darurat kesehatan global pada 23 Juli 2022.

Kementerian Kesehatan mengonfirmasi pasien pertama cacar monyet di Indonesia pada 20 Agustus 2022.

Baca Juga: 5 Cara Cegah Penularan Cacar Monyet yang Perlu Diketahui, Kenali Gejalanya

Diketahui pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia, pascaperjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat, tanggal 8 Agustus 2022 lalu. 
 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x