Kompas TV advertorial

Kadek dari Bali dan Novera dari Riau Raih Juara I Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia 2022

Kompas.tv - 23 Agustus 2022, 14:45 WIB
kadek-dari-bali-dan-novera-dari-riau-raih-juara-i-duta-generasi-berencana-genre-indonesia-2022
Gema Malam Genre yang merupakan puncak Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja tingkat nasional 2022 digelar di Ballroom the Rich Hotel Yogyakarta, Minggu (21/08/2022) malam. (Sumber: Dok. BKKBN)
Penulis : Adv Team

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia merupakan ajang tahunan yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Tujuannya adalah menjadikan Duta Genre sebagai role model bagi anak-anak muda yang kreatif, inovatif, dan memiliki pemikiran-pemikiran maju guna menyiapkan masa depan.

Rangkaian acara Apresiasi Duta Genre Indonesia dan Jambore Ajang Kreativitas Genre berlangsung sejak 17 hingga 21 Agustus 2022. Peserta berjumlah 68 Duta Genre putra dan putri yang mewakili 34 provinsi dalam pemilihan.

Penobatan Duta Genre 2022 dilaksanakan pada Gema Malam Genre yang merupakan puncak Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja tingkat nasional 2022. Acara ini digelar di Ballroom the Rich Hotel Yogyakarta, Minggu (21/08/2022) malam.

Baca Juga: BKKBN Kembali Raih Penghargaan Tertinggi Dunia Bidang Kependudukan

Pemenang pertama Duta Genre Indonesia 2022 kategori putra dan putri diraih I Kadek Marssel Bagia Sedana dari Provinsi Bali serta Novera Mawaddah Khairani dari Provinsi Riau. Keduanya berhasil menyisihkan peserta dari 34 provinsi di masing-masing kategori.

Juara Duta Genre Indonesia 2022 berikutnya untuk kategori putra masing-masing diraih Muhammad Rian Hidayat dari Provinsi Lampung (juara 2), Jedidiah Donniar Yajnavido dari Sulawesi Tengah (juara 3), dan Muhamad Maulana Mansur dari Jawa Barat serta Alvi Syahrin dari Sumatera Utara yang masing-masing meraih juara harapan 1 dan 2.

Pada kategori putri, Marsella Septy Claudia Timmerman dari Daerah Istimewa Yogyakarta meraih juara kedua dan Ana Falfana dari Provinsi Sulawesi Tengah menempati posisi juara ketiga. Juara harapan 1 diraih Salsabila Mustaan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Gaharu Intra Bijani dari Sulawesi Tenggara meraih juara harapan 2.

Untuk kategori Best Advokasi, pemenang putra diraih Adhitya Latif Prahesta dari Bengkulu dan pemenang putri diraih Nurul Afifah Aprilia dari Kalimantan Timur.

Kategori Sosial Media Inspirator, pemenang putra diraih Gavra Arkananta Brian Simanjuntak dari DKI Jakarta dan pemenang putri diraih Ajeng Dinantika Rahayu juga dari DKI Jakarta.

Pemenang favorit putra diraih Haykal Aqsara dari Sumatera Barat dan pemenang favorit putri diraih Dwi Laila Shafira dari Sumatera Utara.

Muhammad Achdan Tharis dari Provinsi Nangroe Aceh Darusalam dan Desi Karunia Oktavia Sentuf dari Papua Barat terpilih menjadi pemenang untuk kategori Motivator Putra dan Motivator Putri.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Tunjuk BKKBN Pimpin Percepatan Penurunan "Stunting"

Ada lima juri yang melakukan penilaian terhadap seluruh peserta Duta Genre 2022. Kelima juri tersebut adalah dr. Amaze Grace Sira (pemerhati isu remaja), Yanti Rizal (Dharma Wanita Pusat BKKBN), Cikik Sikmiyati (BKKBN), I Putu Arya Aditya Utama (Duta Genre Indonesia 2019), dan Setiadi (demisioner pengurus Forum Genre Indonesia).

Tema yang diusung Gema Malam Genre 2022 adalah “Panggilan Aksi Genre Indonesia Terlibat Penuh Makna Cegah Stunting (Menguat – Menggema)”.

Acara ini juga dihadiri Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K), Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hadir juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang dikukuhkan sebagai Bunda Genre Indonesia.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo mengatakan, Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreativitas Remaja tingkat nasional merupakan ajang rutin yang digelar setiap tahun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.